Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkeu AS Dorong Negara G20 Adopsi Pajak Minimum Global untuk Korporasi

Menkeu AS Janet Yellen mengatakan upaya kolektif internasional akan mengakhiri perlombaan dalam perpajakan.
Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen. REUTERS/Kevin Lamarque
Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen. REUTERS/Kevin Lamarque

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mendorong G20 untuk pajak minimum global untuk korporasi dalam rangka membendung erosi penerimaan pemerintah.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengumumkan imbauan itu hanya beberapa hari setelah Presiden Joe Biden mengemukakan rencana untuk menaikkan pajak perusahaan untuk membiayai program infrastruktur dan pekerjaan senilai US$ 2,25 triliun. Yellen mengatakan upaya kolektif internasional akan mengakhiri perlombaan dalam perpajakan.

Biden menyatakan kemarahannya pada perusahaan multinasional, seperti Amazon, yang telah pindah ke tax havens atau menggunakan celah dan membayar sedikit pajak dan mengatakan dia akan menghentikan praktik tersebut.

Rencananya akan menaikkan tarif pajak perusahaan AS menjadi 28 persen dan minimum untuk perusahaan multinasional menjadi 21 persen.

Dia menepis kekhawatiran bahwa hal itu akan mendorong perusahaan beralih ke luar negeri dengan mengatakan tidak ada bukti untuk itu.

"Kami berbicara tentang pajak 28 persen yang semua orang anggap cukup adil untuk semua orang," katanya, dilansir Channel News Asia, Selasa (6/3/2021).

"Saya akan mendorong sekuat yang saya bisa [untuk] mengubah keadaan sehingga kami dapat bersaing dengan seluruh dunia," lanjutnya.

Sementara itu, Yellen mengatakan praktik mencari suaka pajak mengikis pendapatan pemerintah dan merusak daya saing ekonomi.

"Bersama-sama kita dapat menggunakan pajak minimum global untuk memastikan ekonomi global berkembang berdasarkan lapangan bermain yang lebih adil dalam perpajakan perusahaan multinasional," katanya dalam pidatonya di Chicago Council on Global Affairs.

Ekonomi global yang saling berhubungan telah menyebabkan perlombaan selama 30 tahun menuju titik terendah dalam tarif pajak perusahaan.

Namun, agar perusahaan dan ekonomi tetap kompetitif, pemerintah harus memastikan bahwa mereka memiliki sistem pajak yang stabil yang meningkatkan pendapatan untuk berinvestasi dalam barang publik yang penting dan menanggapi krisis. Dia juga mengatakan bahwa semua warga negara secara adil menanggung beban pembiayaan pemerintah.

"Proposal Biden mengakui penting untuk bekerja dengan negara lain untuk mengakhiri tekanan persaingan pajak dan erosi basis pajak perusahaan," kata Yellen.

Para menteri keuangan G20 diharapkan untuk membahas proposal tersebut selama pertemuan virtual besok yang diselenggarakan oleh Italia.

Seorang pejabat Departemen Keuangan mengatakan bahwa tujuan G20 adalah untuk memiliki proposal tentang pajak minimum global pada Juli, dan pemerintahan Biden jika diperlukan dapat mengubah undang-undangnya agar pajak minimum AS sejalan dengan rencana internasional.

Perjanjian G20 akan mendorong negosiasi yang sedang berlangsung di Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) yang lebih luas tentang pajak minimum global sebagai cara untuk melindungi semua anggota dari erosi pendapatan pajak.

Pidato Yellen, menjelang pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia, serta pertemuan G20, juga menguraikan dorongan pemerintahan Biden untuk melanjutkan kerja sama multilateral yang dihentikan di bawah mantan presiden Donald Trump.

"Selama empat tahun terakhir, kami telah melihat secara langsung apa yang terjadi ketika Amerika mundur dari panggung global. Pertama-tama Amerika tidak boleh berarti Amerika sendiri," kata Yellen.

Faktanya, kehadiran AS yang kuat diperlukan untuk memastikan lapangan bermain yang setara dalam ekonomi global.

"Seiring waktu, kurangnya kepemimpinan dan keterlibatan global membuat lembaga dan ekonomi kami rentan," ujarnya.

Pemerintahan Biden telah mengumumkan akan bergabung kembali dengan kesepakatan iklim Paris, dan menghilangkan hambatan di Organisasi Perdagangan Dunia yang memungkinkan badan global tersebut untuk menunjuk seorang pemimpin baru.

Di arena perdagangan, dia mengatakan Washington akan bekerja dengan mitra untuk menegakkan tatanan berbasis aturan.

Dengan China, hubungan itu akan menjadi kompetitif di tempat yang seharusnya, tetapi juga kolaboratif dan bersaing di bidang yang seharusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper