Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Segera Rombak Aturan Main Pengeboran Minyak di Lahan Federal

Kebijakan ini didasari oleh perlunya perubahan untuk mengatasi perubahan iklim dan memastikan pembayar pajak mendapatkan nilai yang lebih besar dari sekedar minyak dan gas yang diekstraksi.
Pompa minyak terlihat saat matahari terbit di dekat Bakersfield, California, AS./ REUTERS -Lucy Nicholson
Pompa minyak terlihat saat matahari terbit di dekat Bakersfield, California, AS./ REUTERS -Lucy Nicholson

Bisnis.com, JAKARTA – Program pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menjual hak konsesi pengeboran di lahan federal akan dirombak secara fundamental.

Pasalnya, pemerintah AS melihat perlunya perubahan untuk mengatasi perubahan iklim dan memastikan pembayar pajak mendapatkan nilai yang lebih besar dari sekedar minyak dan gas yang diekstraksi.

Dikutip dari Bloomberg pada Minggu (4/4/2021), hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Dalam Negeri Deb Haaland. Dia menyatakan para pembayar pajak Amerika berhak mendapatkan pengembalian atas investasi mereka. Haaland juga menekankan bahwa tanah publik yang dikelola oleh Dalam Negeri adalah aset bersama.

“Mereka tidak hanya dimiliki oleh satu sektor atau satu industri. Mereka termasuk dalam ekonomi luar ruangan, mereka milik anak-anak yang mengambil napas pertama mereka, dalam pendakian di jalan setapak. Mereka adalah milik semua orang, dan tugas kami adalah memastikan bahwa setiap suara didengar sehubungan dengan cara kami mengelola tanah itu," ucap Haaland dikutip Bloomberg pada Sabtu (3/4/2021).

Seminggu setelah menjabat, Presiden AS Joe Biden memerintahkan Kementerian Dalam Negeri untuk menghentikan sementara penjualan minyak dan gas baru di tanah dan perairan federal, sementara badan tersebut mempelajari kemungkinan persyaratan pada setiap penjualan di masa mendatang, seperti pembayaran royalti yang lebih tinggi, pembatasan lokasi, dan bahkan batasan pada jumlah traktat yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan.

Meskipun Haaland telah berulang kali menekankan bahwa jeda sewa guna usaha bersifat sementara, diperlukan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menerapkan perubahan substantif dan perbaikan tersebut dapat berdampak besar pada masa depan pengembangan energi di tanah dan perairan publik yang sekarang bertanggung jawab atas 22 persen produksi minyak AS dan 12 persen gas alam negeri Paman Sam tersebut.

Departemen Dalam Negeri AS akan menampung komentar publik terkait hal ini hingga 15 April mendatang, dengan rencana mengeluarkan analisis sementara yang menguraikan perubahan yang direkomendasikan di musim panas ini.

Haaland menyampaikan laporan tersebut akan terdiri dari beberapa pertanyaan mendasar tentang program minyak dan gas, termasuk apakah itu memberikan pengembalian yang adil kepada pembayar pajak Amerika, apakah itu secara adil memperhitungkan dampak iklim.

Kemudian juga, apakah ada peluang yang memadai untuk masukan publik, termasuk dari suku Indian, dan apakah kita memiliki mekanisme yang tepat untuk menghindari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terhadap satwa liar, air, situs keramat, dan sekitarnya.

Beberapa pemerhati lingkungan telah mendesak penghentian permanen penjualan hak pengeboran di tanah dan perairan federal, dengan alasan wilayah tersebut harus terdaftar dalam perang melawan perubahan iklim, daripada digunakan untuk menghasilkan bahan bakar fosil yang mendorong fenomena tersebut.

Hal tersebut sesuai dengan pandangan yang dianut Haaland jauh sebelum dia menjadi Sekretaris Dalam Negeri AS, ketika dia mendorong diakhirinya pengeboran minyak dan gas di lahan federal.

Namun industri minyak telah memperingatkan bahwa moratorium yang diperpanjang atau tindakan keras terhadap peluang leasing di masa depan akan membatasi pasokan energi AS, merugikan kepentingan keamanan nasional AS sambil merampas pundi-pundi pendapatan federal yang terkait dengan aktivitas tersebut.

Sementara penyewaan minyak dihentikan sementara, Kementerian Dalam Negeri berusaha untuk memajukan pengembangan energi terbarukan, termasuk ladang angin pantai baru di sepanjang Pantai Timur.

Haaland juga menekankan rencananya untuk meningkatkan konservasi tanah federal, dengan fokus pada membendung penurunan keanekaragaman hayati, memerangi iklim dan mengatasi ketidakadilan dalam akses publik ke alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper