Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggota Asean Sepakat Tingkatkan Pemulihan Ekonomi, Ini Hasilnya

Komitmen ini disampaikan dalam Pertemuan Tahunan ke-7 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Asean 1 pada 30 Maret 2021.
Sekretariat Asean di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Sekretariat Asean di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA – Negara-negara Asean menyatakan komitmennya untuk meningkatkan upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, serta mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang melalui dukungan digitalisasi dan pendekatan yang lebih berkelanjutan.

Komitmen ini disampaikan dalam Pertemuan Tahunan ke-7 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Asean 1 yang diselenggarakan secara virtual pada 30 Maret 2021.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) menyampaikan negara-negara Asean dalam pertemuan tersebut juga menyepakati beberapa komitmen lainnya.

Pertama, yaitu menyambut baik berbagai langkah kebijakan yang telah dilaksanakan secara cepat dan berskala besar oleh negara-negara anggota Asean, termasuk kebijakan fiskal dan moneter, untuk memulihkan ekonomi dan menjaga stabilitas keuangan dari dampak pandemi Covid-19.

Kedua, menyelesaikan rencana kerja transisi dari Asean Framework Agreement on Services (AFAS) menuju Asean Trade in Services Agreement (ATISA), serta memastikan komitmen pembukaan akses pasar di sektor jasa keuangan yang lebih substantif dan bermakna dalam Protokol ke-9 AFAS.

“Protokol ke-9 AFAS merupakan protokol terakhir sebelum transisi ke ATISA dan direncanakan untuk ditandatangani dalam tahun ini,” katanya dalam siaran pers, Rabu (31/3/2021).

Ketiga, mempersiapkan langkah-langkah strategis menuju integrasi perbankan di kawasan Asean di era digital melalui penyempurnaan pedoman Asean Banking Integration Framework (ABIF).

Keempat, melanjutkan komitmen untuk memperlancar arus lalu lintas modal di kawasan Asean melalui penghapusan restriksi secara bertahap, monitoring dan diskusi kebijakan secara reguler, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Kelima, mendorong keterkaitan sistem pembayaran di kawasan Asean untuk memfasilitasi perdagangan, bisnis, dan inklusi keuangan.

Keenam, mengembangkan Asean Taxonomy for Sustainable Finance yang akan menjadi panduan dan bahasa umum bagi semua negara anggota dalam mengembangkan sistem keuangan dan pembiayaan yang berbasis lingkungan.

Ketujuh, mendukung inisiatif Asean Sustainable Banking Principles yang akan berfungsi sebagai  panduan bagi bank sentral di Asean dalam mengembangkan praktek-praktek perbankan berbasis lingkungan yang sesuai dengan kondisi di masing-masing negara.

Kedelapan, melanjutkan upaya pengembangan inklusi keuangan di Asean, antara lain melalui kegiatan monitoring dan evaluasi serta pengembangan panduan tentang kebijakan literasi keuangan digital.

Terakhir, mengapresiasi dan mendukung operasionalisasi dari Asean Cybersecurity Resilience and Information Sharing Platform (CRISP) sebagai sarana tukar-menukar informasi di antara bank sentral Asean dalam menangani ancaman cybersecurity dan mengembangkan langkah-langkah mitigasi bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper