Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketegangan AS Vs China Perburuk Krisis Chip Dunia

Ketidakpastian seputar hubungan AS-China menyebabkan pergeseran rantai pasokan dan mendorong beberapa perusahaan untuk melipatgandakan pesanan untuk mengamankan stok.
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan 2012 di Gedung Putih/ Bloomberg
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan 2012 di Gedung Putih/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China berkontribusi pada kekurangan chip global yang berdampak pada banyak industri mulai dari elektronik hingga otomotif.

Ketua Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) Mark Liu mengatakan upaya global untuk mengembangkan swasembada ndalam produksi chip tidak realistis secara ekonomi.

Berbicara kepada wartawan di acara industri di Hsinchu dalam perannya sebagai ketua Asosiasi Industri Semikonduktor Taiwan, Liu mengatakan ketidakpastian seputar hubungan AS-China menyebabkan pergeseran rantai pasokan dan mendorong beberapa perusahaan untuk melipatgandakan pesanan untuk mengamankan stok.

Sementara itu, yang lainnya bergegas mengisi celah pasar yang ditinggalkan oleh Huawei Technologies Co. setelah sanksi melumpuhkan bisnis konsumennya.

"Ketidakpastian menyebabkan pemesanan ganda, tetapi kapasitas sebenarnya lebih besar dari permintaan. Seberapa cepat kekhawatiran tersebut diselesaikan sangat bergantung pada negosiasi AS-China di masa depan," kata Liu, dilansir Bloomberg, Selasa (30/3/2021).

Dia mengartakan wabah virus Corona akan memiliki dampak negatif yang sama pada produksi di mana pun lokasinya. TSMC yang merupakan produsen semikonduktor canggih terkemuka di dunia, diandalkan oleh banyak perusahaan mulai dari Apple Inc. hingga Xiaomi Corp.

Liu mengatakan setiap negara yang mengembangkan industri semikonduktor domestiknya sendiri akan menghasilkan banyak kapasitas tidak menguntungkan.

AS dan China sama-sama mengindikasikan keinginan untuk menumbuhkan produksi chip di dalam perbatasan mereka sendiri, sebagian untuk membuat diri mereka tidak terlalu bergantung pada mitra asing.

Presiden Xi Jinping mengurangi ketergantungan China pada bagian barat dari rencana kebijakan lima tahun terbaru negara itu, sementara administrasi Gedung Putih berturut-turut telah mengisyaratkan kekhawatiran tentang potensi China untuk mendominasi teknologi mutakhir yang sensitif.

Di AS, Intel Corp. baru-baru ini mengumumkan rencana US$20 miliar untuk membangun dua fasilitas fabrikasi silikon baru di Arizona, memperbarui upaya yang sebelumnya gagal untuk bersaing dengan TSMC untuk bisnis sebagai produsen chip untuk perusahaan lain.

Perusahaan terbesar Taiwan itu menemukan dirinya berada di tengah krisis pasokan global karena kapasitas produksinya telah dikonsumsi pertama kali oleh lonjakan permintaan elektronik yang dipicu pandemi dan baru-baru ini oleh pemulihan yang lebih cepat dari perkiraan dalam penjualan otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper