Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangkap Peluang Insentif PPN, Modernland Terapkan Teknologi Precast

Modernland Realty menerapkan teknologi beton precast dalam pengembangan hunian di proyeknya. Penerapan teknologi itu memungkinan penyelesaian pembangunan hunian dengan cepat sehingga pembeli dapat memanfaatkan insentif PPN yang dikeularkan pemerintah awal bulan ini.
pembangunan klaster New Shinano Precast di Jakarta Garden City menggunakan teknologi precast./Istimewa
pembangunan klaster New Shinano Precast di Jakarta Garden City menggunakan teknologi precast./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembang dituntut cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi agar bisa menangkap setiap peluang termasuk teknologi untuk membangun rumah.

Untuk itu, PT Mitra Sindo Sukses, anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk., menggunakan teknologi precast dalam pembangunan klaster New Shinano Precast di Jakarta Garden City untuk menangkap peluang dari insentif pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sektor properti.

Beton precast atau pracetak adalah beton yang dibuat atau dicetak dengan ukuran yang sudah ditentukan atau disesuaikan dengan aplikasi kerja.

Penggunaan teknologi pracetak atau precast dalam pengembangan properti di Indonesia belum menjadi pilihan utama. Sementara, di negara lain seperti Inggris dan Singapura, lebih dari 50 persen bangunannya sudah menggunakan teknologi tersebut.

"Modernland Realty ingin menjadi pionir dalam segi pengembangan properti dengan teknologi precast di Indonesia. Apalagi, teknologi precast memiliki banyak keunggulan. Kami akan memperbanyak penggunaan precast di proyek properti yang kami kembangkan," kata Helen Hamzah, Director Marketing Urban Development Modernland Realty.

Helen menambahkan di klaster New Shinano Precast menggunakan material Facade Precast MPanel lansiran PT Modern Panel Indonesia, anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk. yang memiliki keunggulan antara lain tahan gempa, pengerjaan dinding bangunan lebih cepat, material beton bermutu tinggi, tidak terjadi retak rambut, permukaan rata dan halus, lebih kokoh, low maintenance, thermal insulation, tahan terhadap kebocoran dan lebih kedap suara.

Hendy Wijaya Budijanto, General Manager Operational PT Modern Panel Indonesia, mengemukakan Facade Precast merupakan dinding luar yang diproduksi dengan material full beton secara pabrikasi dengan sistem pracetak.

Facade Precast banyak digunakan untuk bangunan-bangunan dengan kualitas terbaik dan menghemat waktu pengerjaan seperti bangunan superblok, bangunan highrise, bangunan komersial, bangunan industri maupun perumahan.

Secara fisik, Facade Precast Modern Panel Indonesia memiliki beberapa kelebihan antara lain diproduksi secara cepat dengan mesin precast dengan teknologi terbaru, mutu beton yang berkualitas dengan menggunakan material terbaik, lebih presisi dan telah lolos uji QC, dinding siap untuk langsung dicat serta lebih cepat pemasangannya sehingga menghemat waktu dan biaya pengerjaan konstruksi.

Modern Panel Indonesia telah berhasil lulus dalam pengujian modern precast di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (Puskim) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pengujian dilaksanakan untuk mengetahui kinerja ketahanan gempa teknologi pracetak yang dikembangkan Modern Panel Indonesia terhadap persyaratan minimal Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga dapat memenuhi regulasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan regulasi kredit kepemilikan bagi konsumen.

Selain itu, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com pada Senin (29/3/2021), Modern Panel Indonesia juga telah meraih sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.

Helen menambahkan dengan teknologi precast, proses pembangunan lebih cepat dan bisa diserahterimakan dalam 6 bulan, sehingga memungkinkan pembeli memanfaatkan insentif yang diluncurkan pemerintah yang berlaku hingga akhir Agustus 2021.

“Rumah di New Shinano Precast diperkirakan siap diserahterimakan kepada para pembeli pada Agustus 2021 sehingga konsumen bisa mendapatkan insentif pembebasan PPN 10%,” ujarnya.

Helen menjelaskan rumah tipe baru di klaster New Shinano Precast yang dipasarkan sejak dua bulan lalu tersebut telah terjual sebanyak 85 unit dari total yang akan dikembangkan sebanyak 120 unit sehingga saat ini tersisa 35 unit saja.

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat terlihat begitu antusias dengan keunggulan-keunggulan produk New Shinano Precast yang lebih cepat dalam pembangunannya sehingga masyarakat dapat secepatnya menerima penyerahan unit rumah yang telah dibelinya untuk segera dihuni dan menerima insentif pembebasan PPN 10 persen dari pemerintah.

Klaster New Shinano Precast mengusung konsep modern dan simple.  Warna natural yang dihadirkan pada fasad bangunan membuat hunian terlihat kental dengan nuansa Jepang kontemporer. Berukuran mulai luas bangunan (LB) 67 m2 dan luas tanah (LT) 75 m2, rumah tipe baru New Shinano dipasarkan dengan harga mulai Rp1,3 miliar-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper