Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMF Bahas Rencana Tambahan Cadangan US$650 Miliar untuk Lawan Pandemi

Dewan eksekutif lembaga moneter tersebut telah membahas rencana cadangan secara informal kemarin.
Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva dalam konferensi pers virtual Spring Meetings 2020/ Bloomberg - Andrew Harrer
Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva dalam konferensi pers virtual Spring Meetings 2020/ Bloomberg - Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Dana Moneter Internasional (IMF) berencana menyusun proposal cadangan aset tambahan senilai US$650 miliar untuk membantu negara berkembang mengatasi pandemi. Rencana formal akan dipertimbangkan pada Juni mendatang.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan Dewan eksekutif lembaga tersebut telah membahas rencana cadangan secara informal kemarin.

Dia menjelaskan, staf IMF akan lebih dulu mengembangkan langkah-langkah baru untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, serta mengeksplorasi opsi bagi anggota dengan posisi keuangan yang kuat untuk mengalokasikan kembali cadangan yang dikenal sebagai hak penarikan khusus (SDR).

"Jika disetujui, alokasi SDR baru akan menambah dorongan likuiditas langsung yang substansial ke negara-negara, tanpa menambah beban utang," kata Georgieva, dilansir Bloomberg, Rabu (24/3/2021).

Dia melanjutkan, program ini juga akan memberikan sumber daya yang sangat dibutuhkan bagi negara-negara anggota untuk membantu memerangi pandemi, termasuk mendukung vaksinasi dan tindakan mendesak lainnya.

Momentum untuk rencana ini telah dibangun setelah Menteri Keuangan AS Janet Yellen condong untuk mendukung tindakan tersebut, membalikkan oposisi tahun lalu di bawah Presiden Donald Trump. 

Pendahulunya, Steven Mnuchin, memblokir langkah tersebut pada 2020, dengan mengatakan bahwa karena cadangan dialokasikan untuk 190 anggota IMF sesuai dengan kuota mereka, sekitar 70 persen akan masuk ke Kelompok 20 (G20), dengan hanya 3 persen untuk negara yang paling miskin.

Sementara diskusi informal dilakukan sebelum pertemuan musim semi IMF pada 5-11 April, target pada Juni untuk proposal formal sesuai dengan persyaratan bahwa Departemen Keuangan memberikan pemberitahuan 90 hari sebelumnya kepada Kongres sebelum mendukung pembentukan cadangan. AS adalah pemegang saham terbesar dana tersebut.

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 bulan lalu meminta IMF untuk merumuskan proposal. Adapun, negara-negara G7 pekan lalu mengatakan bahwa mereka mendukung alokasi yang cukup besar dari sumber daya IMF untuk meningkatkan cadangan anggota dan menyediakan likuiditas bagi negara-negara yang rentan.

Lebih dari 200 kelompok termasuk Jubilee USA Network, sebuah organisasi nirlaba yang mengadvokasi keringanan utang bagi negara-negara berkembang, telah meminta G20 untuk mendukung penciptaan US$ 3 triliun dalam SDR. 

Organisasi ini mengatakan dana tersebut dibutuhkan untuk membantu membebaskan sumber daya perawatan kesehatan dan pengeluaran sosial. Beberapa Demokrat di Kongres telah menjanjikan dukungan untuk langkah serupa.

Namun penerbitan SDR sekitar US$ 650 miliar akan menjadi jumlah maksimum yang dapat didukung oleh Departemen Keuangan AS tanpa perlu mendapatkan persetujuan dari Kongres, tergantung pada nilai tukar.

“Pengumuman ini adalah kemajuan yang luar biasa. Negara berkembang membutuhkan sumber daya ini untuk menghadapi krisis secepat mungkin," kata Eric LeCompte, direktur eksekutif Jubilee USA Network.

Perwakilan French Hill, seorang Republikan Arkansas di Komite Jasa Keuangan DPR, telah mendesak penentangan terhadap penerbitan tersebut, menyebutnya sebagai pemberian kepada negara-negara kaya dan rezim jahat seperti China, Rusia dan Iran.

Rencana itu juga menghadapi tekanan dari Senator Pat Toomey, seorang Republik Pennsylvania.

“Mengalokasikan SDR baru tanpa persetujuan kongres adalah penggunaan dolar pembayar pajak yang tidak tepat dan boros yang pada akhirnya akan menguntungkan rezim represif dan negara sponsor terorisme,” kata Toomey.

Selain itu, lanjutnya, penggunaan SDR memungkinkan negara asing untuk mengontrol sebagian pasokan global dolar AS. Dia mendesak Yellen untuk membatalkan dukungannya untuk rencana itu.

Yellen juga mengindikasikan bahwa negara-negara sedang bekerja menuju kesepakatan dengan China untuk memastikan bahwa negara Asia memberikan SDR kepada negara-negara miskin dan memastikan dana itu tidak digunakan untuk membayar kembali pinjaman dari Belt and Road Initiative.

Itu mengacu pada upaya China untuk membangun infrastruktur termasuk pabrik energi dan kereta api di negara-negara dari Sri Lanka hingga Yunani.

Georgieva, yang pertama kali mengadvokasi penerbitan cadangan tahun lalu, telah menyerukan tindakan tegas untuk menghindari skenario di mana beberapa pasar negara maju pulih lebih cepat tetapi sebagian besar negara berkembang dibiarkan tertinggal selama bertahun-tahun yang akan datang. 

IMF terakhir kali mengeluarkan SDR selama krisis keuangan global 2009. Georgieva mengatakan mengulangi langkah tersebut sekarang dapat bermanfaat bagi dunia.

Sementara itu Yellen mengatakan dia mendukung tambahan cadangan yang dibutuhkan.

"Sehingga pada saat yang sangat sulit ini kami tidak menekan negara-negara untuk mengambil tindakan deflasi kontraksi yang akan membuat pemulihan lebih sulit. Sangat penting untuk menyalurkan sumber daya dunia” ke negara-negara miskin," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper