Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kualitas Rumah Subsidi Dijamin Melalui Aplikasi SiPetruk

para pembeli rumah bersubsidi sekarang tak lagi perlu meragukan kualitas fisik hunian yang dibelinya, karena pemerintah telah menyiapkan aplikasi SiPetruk untuk menjamin kualitas bangunan tersebut.
Pembangunan perumahan bersubsidi di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat./Antara/Fakhri Hermansyah
Pembangunan perumahan bersubsidi di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat./Antara/Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda yang ingin membeli rumah subsidi, tak perlu lagi khawatir pada kualitasnya. Pasalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjamin kualitas pada rumah subsidi.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin mengatakan pemerintah memiliki aplikasi teknologi informasi yang dikembangkan oleh PPDPP guna memastikan kualitas hunian yang dibangun pengembang.

"Adapun kualitas hunian tersebut harus efisien dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah dan uang subsidi bisa sampai ke masyarakat," ujarnya pada Rabu (17/3/2021).

Direktur Operasi PPDPP Martanto Boedi Joewono menambahkan penggunaan teknologi informasi lewat aplikasi yang digunakan PPDPP sejatinya hanya satu, yaitu SiKasep (Sistem informasi KPR Subsidi Perumahan). SiKasep di dalamnya memiliki beberapa fitur yakni salah satunya adalah Sistem Informasi Pemantauan Konstruksi (SiPetruk).

Cara kerja SiPetruk adalah dengan memeriksa kelayakan hunian yang dibangun oleh para pengembang.  Secara teknis, Manajemen Konstruksi (MK) akan berkunjung ke lapangan sesuai dengan pengajuan pemeriksaan dari para pengembang perumahan yang berpedoman dari site plan digital yang diajukan para pengembang melalui SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang).

Dari pemeriksaan tersebut, MK akan memberikan laporan penilaian yang terhubung langsung dengan sistem PPDPP.

Apabila dinyatakan layak huni, maka secara otomatis daftar rumah tersebut akan muncul di SiKasep untuk dapat dijual kepada masyarakat.

“Para pengembang hanya tinggal memantau saja sebagai pengguna. Tidak perlu membutuhkan pelatihan khusus bagi pengembang. Kami menggunakan Artificial Intelegency (AI) atau kecerdasan buatan. Jadi tim hanya melakukan pengambilan dokumentasi saja," tutur Martanto.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Subsidized Mortgage Lending Division PT Bank Tabungan Negara Tbk. Mochamad Yut Penta mengungkapkan ada beberapa dukungan Bank BTN dalam pemenuhan kualitas hunian antara lain dukungan kerja sama.

"Bank BTN melakukan screening dan penilaian terhadap marketabilitas proyek perumahan, legalitas proyek perumahan, perizinan bangunangedung dan kompetensi pengembang," kata Yut.

Lalu dukungan penjualan dengan memastikan spesifikasi rumah dan PSU yang dijual telah sesuai dengan perjanjian kerja sama (PKS) yang telah disepakati, pemrosesan dan analisa kredit, persetujuan dan akad kredit, dan monitoring serta pembinaan.

"Jumlah unit yang banyak dan paperwork yang kompleks membutuhkan proses verifikasi yang berbasis digital agar efisien seperti aplikasi SiPetruk. Teknologi geo tagging dapat menjadi pilihan untuk mengantisipasi jangkauan lokasi yang luas. Aplikasi bagi pengguna diharapkan berbasis low code solution dan user friendly," ucapnya.

Bussines Development Head PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Harya Narendra menyatakan pihaknya sangatmendukung aplikasi SiPetruk karena akan sangat membantu SMF.

Pasalnya, SMF tidak hanya mendukung dari sisi pendanaan tetapi juga monitoring bersama BLUPPDPP dan perbankan.

"Dengan begitu SMF bisa memastikan bangunan layakhuni, sesuai spek, tepat sasaran, berkualitas, aman, dan sehat," kata Harya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper