Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Laut Saumlaki Mampu Tekan Harga hingga 15 Persen

Tol Laut dinilai bisa menekan harga di wilayah Saumlaki hingga 15 persen, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat setempat.
Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub melalui UPP Kelas II Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar terus memperkuat dan bersinergi dalam pemanfaatan tol laut. Terlebih, keberadaan tol laut di kawasan tersebut dinilai mampu menekan harga hingga 15 persen dari harga normal.

Kepala UPP Kelas II Saumlaki Hasan Sadili mengatakan penurunan harga barang di wilayah tersebut sudah dirasakan oleh masyarakat mengingat barang yang sampai di tangan masyarakat merupakan barang logistik yang diangkut oleh tol laut dengan biaya murah dan bersubsidi. Apalagi jumlah muatan tol laut dan reguler yang diangkut oleh kapal tol laut ke Saumlaki semakin meningkat sejak 2018 hingga 2020.

“Barang yang dimuat di kapal tol laut dan dijual kepada masyarakat sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat berupa adanya penurunan harga," katanya dalam siaran pers yang dikutip, Senin (15/3/2021).

Dia mengungkapkan berdasarkan data yang diterima dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, saat ini penurunan harga berkisar antara 10–15 persen dari harga normal di Saumlaki.

Oleh karenanya dia berharap proses sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dapat terus dilakukan agar penurunan harga semakin signifikan.

Menurutnya, secara keseluruhan program tol laut telah sukses dan berjalan dengan baik dari segi konektivitas. Namun dilihat dari salah satu tujuannya yaitu menekan disparitas harga masih harus menjadi perhatian Pemda beserta Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan setempat agar manfaat program tol laut dapat bermanfaat lebih besar terhadap masyarakat.

Di samping itu, dia juga meminta para pelaku usaha dapat secara adil menetapkan harga jual barang mengingat mereka sudah mendapat potongan dari segi biaya logistik dengan adanya tol laut.

“[Kami] Mengajak kepada seluruh pelaku usaha di Saumlaki untuk bersama-sama menurunkan harga-harga barang yang diangkut di kapal tol laut lebih signifikan lagi karena sudah mendapatkan tarif ekspedisi dan pengiriman yang murah dengan kapal tol laut agar keberadaan tol laut benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat, khususnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper