Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Output Industri China naik 35,1 persen pada Januari-Februari

Seiring dengan output tersebut, penjualan ritel meningkat 33,8 persen dari tahun sebelumnya dalam dua bulan pertama, dibandingkan dengan kenaikan 32 persen yang diperkirakan oleh para analis.
Manufaktur China/Bloomberg
Manufaktur China/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Output industri manufaktur China tumbuh 35,1 persen pada Januari-Februari dari tahun lalu, lebih cepat dari kenaikan 7,3 persen pada Desember.

Data resmi menunjukkan angka itu menambahkan momentum lebih lanjut untuk pemulihan yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi yang solid.

Dilansir Channel News Asia, penjualan ritel meningkat 33,8 persen dari tahun sebelumnya dalam dua bulan pertama, dibandingkan dengan kenaikan 32 persen yang diperkirakan oleh para analis. Angka ini menandai lompatan signifikan dari pertumbuhan 4,6 persen pada Desember dan setelah kontraksi 20,5 persen pada Januari-Februari 2020.

Investasi aset tetap meningkat 35 persen dalam dua bulan pertama dari periode yang sama tahun sebelumnya, lebih lambat dari perkiraan kenaikan 40,0 persen, dibandingkan dengan pertumbuhan 2,9 persen per tahun pada 2020 dan penurunan 24,5 persen pada Januari-Februari tahun lalu.

China mencatat rekor kontraksi dalam data setahun yang lalu ketika sebagian besar ekonomi ditutup, pertama karena jeda liburan Tahun Baru Imlek yang biasa, dan kemudian penguncian untuk menahan wabah Covid-19 pertama di dunia.

Dengan pandemi yang kini dapat dikendalikan di dalam negeri dan sebagian besar ekonomi dibuka kembali, perbandingan dengan tahun lalu membuat sulit untuk menilai momentum pemulihan yang sebenarnya, terutama bagi konsumen.

"Karena pemulihan sebagian besar didorong oleh pemulihan industri, saya akan fokus pada penjualan ritel," kata Raymond Yeung, kepala ekonom Greater China di Australia dan New Zealand Banking Group di Hong Kong, dilansir Bloomberg.

Ekonom seperti Bruce Pang dari China Renaissance Securities Ltd. melihat perbandingan dengan data 2019 sebagai gantinya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pemulihan. Dia mengatakan tingkat pertumbuhan tahun ke tahun di bawah 15 persen akan dianggap lemah.

China adalah satu-satunya ekonomi utama yang tumbuh di tengah pandemi, didorong oleh meningkatnya utang dan ledakan ekspor. Pemerintah kini sedang berupaya untuk secara bertahap menarik kembali stimulus fiskal dan menyeimbangkan pertumbuhannya sehingga lebih banyak didorong oleh konsumsi.

Itu adalah tema utama yang digariskan oleh pemerintah selama Kongres Rakyat Nasional, pertemuan politik terbesar China tahun ini, yang ditutup minggu lalu. 

Pemerintah China menetapkan target pertumbuhan sederhana di atas 6 persen untuk t2021 dibandingkan dengan prediksi ekonom sebesar 8,4 persen. Target itu memungkinkan pejabat untuk fokus pada pengendalian risiko, seperti mengurangi utang dan penggelembungan aset.

Faktor lain yang memperumit data dalam dua bulan pertama tahun ini adalah pemberlakuan pembatasan perjalanan sebelum jeda Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada Februari. 

Untuk mengekang kasus virus sporadis di beberapa bagian negara, pemerintah melarang orang melakukan perjalanan tahunan mereka pulang untuk liburan.

Kondisi itu kemungkinan membantu meningkatkan produksi industri, dengan pabrik-pabrik dapat tetap buka atau melanjutkan produksi lebih awal dari biasanya untuk memenuhi permintaan ekspor yang melonjak. 

Namun, hal itu juga menekan pengeluaran untuk pariwisata dan perjalanan, restoran dan kegiatan rekreasi karena jutaan orang menahan diri dari memesan tiket kereta api dan udara dan mengurangi penyelenggaraan jamuan makan dan membeli hadiah.

Menurut data dari Kementerian Perhubungan, hingga 8 Maret, volume perjalanan turun hampir 41 persen lebih dibandingkan pada 2020 dan turun hampir 71 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019.

Konsumsi di kota-kota tingkat rendah dan pedesaan China kemungkinan terpukul, sementara kota-kota dengan tingkat yang lebih tinggi mungkin diuntungkan karena orang-orang tinggal di dekat tempat kerja mereka selama liburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper