Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Bahas Optimalisasi Muatan Balik Tol Laut di Papua

Kemenhub membahas optimalisasi muatan balik Tol Laut di Papua untuk menekan disparitas harga antar daerah sekaligus meningkatkan perekonomian.
Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Fakfak menggelar Rapat Koordinasi (rakor) lintas sektoral bersama seluruh stakeholder perlabuhan Fakfak dalam rangka membahas optimalisasi muatan balik Tol Laut 2021 di wilayah tersebut.

Kepala Kantor KSOP Kelas IV Fakfak Faisal Fattah berharap rakor tersebut dapat semakin mendongkrak muatan balik Tol Laut dari daerah yang bersangkutan. Pasalnya banyak potensi produk-produk lokal unggulan yang dapat menjadi komoditi untuk dikirim ke daerah lain.

"Harapan saya semoga dengan rakor ini bisa meningkatkan muatan balik Tol Laut dengan menggali potensi komoditas yang ada di Fakfak dan sekitarnya termasuk dari Bintuni dan Wahai yang akan melakukan pemuatan pala di pelabuhan Fakfak," katanya dalam siaran pers, Sabtu (13/3/2021).

Menurutnya, keberadaan Tol Laut tidak hanya untuk menekan disparitas harga antar daerah, tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang dapat dicapai jika muatan balik Tol Laut dapat dioptimalkan sehingga produk-produk lokal bisa terkirim ke pasar yang lebih jauh dan menguntungkan.

"Optimalisasi muatan balik Tol Laut ini dapat menjadi sarana perbaikan perekonomian dan penghasilan mayarakat. Oleh karena itu kami akan terus mengajak dan mendorong bahkan memfasilitasi masyarakat yang akan memanfaatkan Tol Laut untuk mengirimkan produk mereka," ujarnya.

Lebih lanjut Faisal berharap muatan balik Tol Laut ini dapat berjalan optimal sesuai dengan yang diharapkan dan dapat membantu perekonomian masyarakat Fakfak.

Dia mengungkapkan, semenjak dibangun, Tol Laut di daerah tersebut telah memberikan manfaat serta kemudahan yang dirasakan langsung oleh masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19. Angkutan laut menjadi andalan dalam pengiriman logistik.

"Masyarakat sangat terbantu dengan hadirnya Tol Laut karena ada pilihan pengangkutan dari Surabaya dengan harga pengiriman yang lebih murah dengan kapal kontainer lainnya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper