Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awak Bandara Juga Mulai Divaksin nih, Konektivitas Udara Makin Kebal?

Vaksinasi dilakukan oleh tim tenaga kesehatan dari Sentra Medika AP II dan RS Mayapada di bawah supervisi KKP Kemenkes Kelas I Soekarno-Hatta.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, JAKARTA — PT Angkasa Pura II (Persero) menilai vaksinasi bagi awak transportasi udara ini merupakan game changer yang membuat seluruh bandara dan sektor pendukungnya lebih kebal dalam menghadapi Covid-19 dan menjaga konektivitas udara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa perusahaan telah memulai program vaksinasi Covid-19 bagi seluruh karyawan dan staf di 20 bandara. Secara total, jumlah karyawan yang akan mendapat vaksinasi mencapai 20.000 orang terdiri atas karyawan kantor pusat, karyawan anak usaha, dan staf operasional di 20 bandara. Vaksinasi yang dilakukan perseroan merupakan bagian dari program vaksinasi nasional tahap kedua.

“Vaksinasi ini merupakan game changer yang membuat seluruh bandara PT Angkasa Pura II dan sektor pendukungnya dapat menjadi semakin kuat lagi dalam menghadapi Covid-19 dan menjaga konektivitas udara di Indonesia,” ujarnya, Senin (8/3/2021).

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan vaksinasi dilakukan oleh tim tenaga kesehatan dari Sentra Medika AP II dan RS Mayapada di bawah supervisi KKP Kemenkes Kelas I Soekarno-Hatta. Vaksin yang diberikan adalah Sinovac dan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

“Vaksinasi sangat mendukung staf di Bandara Soekarno-Hatta dalam menjalani tugas melayani pengunjung bandara dan penumpang pesawat. Kendati sudah dilakukan vaksinasi terhadap frontliner dan karyawan operasional di Bandara Soekarno-Hatta, kami tetap mewajibkan penggunaan alat pelindung diri bagi seluruh staf bandara seperti masker dan sarung tangan, serta face shield,” ujarnya.

Tak hanya itu, Agus menilai vaksinasi juga akan sangat mendukung Bandara Soekarno-Hatta dalam menjaga konektivitas udara di Indonesia selama 24 jam setiap hari, baik untuk penerbangan rute internasional maupun rute domestik.

Program vaksinasi PT Angkasa Pura II ini dapat terlaksana berkat dukungan dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentinghan khususnya Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) dan Satgas Udara Penanganan Covid-19.

Dia memperkirakan program vaksinasi terhadap seluruh karyawan Angkasa Pura II Group akan tuntas pada akhir Maret 2021 atau minggu pertama April 2021.

Saat ini untuk yang pertama kalinya, vaksinasi diberikan kepada 300 orang staf bandara yang diprioritaskan bagi frontliner (berinteraksi langsung dengan pengguna jasa) dan karyawan yang bertugas di operasional bandara. Selanjutnya, vaksinasi kedua akan diberikan dalam 14 hari ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper