Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonom: Pembangunan Kilang Diklaim Jadi Sia-Sia, Ini Alasannya

Ekonom Faisal Basri menyebut pembangunan kilang minyak sebaiknya urung dilakukan karena konsumsi BBM masyarakat mulai turun.
Kilang Minyak/Bloomberg
Kilang Minyak/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom Senior Faisal Basri mengungkapkan pengerjaan proyek strategis nasional yakni pembangunan dan pengembangan kilang akan menjadi langkah yang sia-sia.

Menurut dia, pada saat kilang tersebut rampung, konsumsi masyarakat untuk produk BBM sudah mulai menurun karena sudah mulai memasuki era mobil listrik dan tren energi bersih ke depannya.

"Jadi ada hikmahnya juga, oleh karena itu pak Jokowi jangan marah-marah lagi kepada menteri dan Pertamina kenapa bangun kilangnya enggak jadi-jadi. Alhamdulillah tidak jadi, kalau jadi, kita bisa repot, kapasitasnya naik dua kali lipat tapi konsumsinya turun," katanya dalam webinar Penghapusan Premium Pertalite Dewan Energi Mahasiswa UGM 2021, Sabtu (6/3/2021).

Faisal menambahkan masih terdapat program pemerintah yang akan berjalan sia pada saat yang sama pemerintah terus mendorong program biodiesel mulai dari B30, B40, hingga B100 yang juga dinilai tidak berdampak signifikan terhadap beban APBN.

Ambisi pemerintah untuk menjadi pemain baterai listrik terbesar di dunia dengan biaya investasi yang sangat besar dan juga proyek gasifikasi batu bara sebagai subtitusi LPG juga akan memberatkan bagi rakyat.

Menurutnya, dirinya sudah mengingatkan sejumlah pihaknya untuk mengurungkan rencana proyek-proyek tersebut karena berpotensi merugikan rakyat.

"Sehingga bakal terjadi kekacauan jika semua hendak diwujudkan dan meninggalkan ongkos ekonomi yang mahal," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper