Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Semangat Bangun Industri Semikonduktor, Lawan Sanksi AS

Cetak biru Beijing untuk supremasi chip diabadikan dalam visi ekonomi lima tahun yang akan diresmikan pada pertemuan puncak para pemimpin puncak di ibu kota minggu ini.
Ilustrasi chip/ Bloomberg
Ilustrasi chip/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - China bersiap untuk membuktikan kemampuannya pada semikonduktor, bidang yang menjadi pusat ketegangan dengan Amerika Serikat karena larangan impor chip dan adanya daftar hitam perusahaan asal Negeri Panda.

Cetak biru Beijing untuk supremasi chip diabadikan dalam visi ekonomi lima tahun yang akan diresmikan pada pertemuan puncak para pemimpin puncak di ibu kota minggu ini.

Ini adalah strategi berlapis-lapis yang pragmatis dan ambisius dalam cakupannya, merangkul aspirasi untuk menggantikan pemasok AS yang sangat penting sambil mencetak raksasa dalam negeri dalam teknologi mutakhir.

China ingin membangun sekelompok raksasa teknologi yang dapat berdiri bahu-membahu dengan Intel Corp dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co.

Target utamanya adalah untuk mempersiapkan alternatif lokal untuk produsen global seperti Cadence Inc. dan Synopsys Inc. dalam perangkat lunak desain dan ASML Holding NV Eropa dalam perlengkapan pembuatan chip.

"Semikonduktor adalah sektor penting di era informasi yang akan memimpin masa depan pembangunan ekonomi. Pada saat yang sama, China akan berusaha untuk mencapai kemandirian dan memperkuat kemampuan kami sendiri," kata Menteri Sains & Teknologi Wang Zhigang pada konferensi pers pekan lalu, dilansir Bloomberg, Rabu (3/3/2021).

Upaya China menjadi semakin mendesak karena pemerintahan Biden meningkatkan pertempuran melawan apa yang disebutnya otokrasi tekno, yang dapat memperpanjang atau bahkan memperluas daftar hitam yang melarang transaksi utama dengan perusahaan seperti Huawei Technologies Co. ke ByteDance Ltd. dan Tencent Holdings Ltd.

Namun, diperlukan waktu bertahun-tahun bagi perusahaan lokal untuk menyamai mitra asing di bidang manufaktur dan keahlian desain, di mana selama itu tidak ada jawaban yang siap untuk dominasi nama Jepang dan Amerika dalam peralatan pembuatan chip.

Perusahaan China masih akan memasok 35 persen dari permintaan domestiknya pada akhir dekade ini, analis IDC Mario Morales memperkirakan.

Mereka juga harus bersaing dengan Washington. AS mengisyaratkan pihaknya bermaksud untuk melanjutkan aturan yang diusulkan administrasi Trump untuk mengamankan rantai pasokan teknologi bulan depan, sebuah langkah yang memberi Departemen Perdagangan otoritas luas untuk melarang transaksi yang melibatkan musuh seperti China.

“Amerika Serikat dan sekutunya harus menggunakan kontrol ekspor yang ditargetkan pada peralatan manufaktur semikonduktor kelas atas untuk melindungi keunggulan teknis yang ada dan memperlambat kemajuan industri semikonduktor China,” kata Komisi Keamanan Nasional untuk Kecerdasan Buatan, yang dipimpin oleh Eric Schmidt.

Huawei, perusahaan teknologi terbesar di negara itu berdasarkan pendapatan, menggarisbawahi pengaruh yang dimiliki Washington. Setelah menjadi pembuat ponsel pintar terbesar di dunia, Huawei terpaksa menjual merk Honor-nya dan berjalan hampir dengan kapasitas produksi minimum setelah kehilangan akses ke chip dari perusahaan-perusahaan seperti TSMC di bawah peraturan Amerika.

Beijing telah menyisihkan sekitar 1 triliun yuan (US$155 miliar) untuk investasi potensial dalam semikonduktor selama lima hingga 10 tahun. Sekarang negara itu akan terus mendanai penelitian dan investasi di tahun-tahun mendatang. Hal itu akan mendorong masuknya modal swasta yang jauh lebih besar yang dibutuhkan untuk menghasilkan terobosan.

Ini adalah pendekatan yang berhasil sebelumnya untuk internet, di mana campuran modal pemerintah dan swasta membantu membangun perusahaan seperti Alibaba Group Holding Ltd. dan raksasa ride-hailing Didi Chuxing Inc.

Pada Februari, Global Times yang didukung negara melaporkan pembuat smartphone Xiaomi Corp dan Oppo mengakuisisi saham di Jiangsu Changjing Electronics Technology Co., mencontohkan jenis keterlibatan sektor swasta yang diandalkan Beijing.

"Mengenai chip, kami akan melihat lebih banyak dukungan dibandingkan dengan perusahaan swasta, karena mereka memainkan peran yang lebih besar di sektor tersebut," kata Wendy Leutert, GLP-Ming Z. Mei Ketua Ekonomi dan Perdagangan China di Indiana University.

Sementara itu, pendatang baru seperti Semiconductor Manufacturing International Corp dan Tsinghua Unigroup dapat membantu mengatasi defisit prosesor seluler, modul memori dan telekomunikasi jika Washington menutup rute pasokan.

Pada saat yang sama, mereka akan bertindak sebagai titik fokus untuk mengerjakan langkah-langkah penghentian ketergantungan China pada teknologi AS.

Beberapa pemain lokal utama di bidang itu termasuk Shanghai Micro Electronics Equipment Co. dan Naura Technology Group Co., yang sedang mengerjakan peralatan yang suatu saat dapat menggantikan litografi ultra-violet atau mesin EUV ASML, sebuah prasyarat untuk pembuatan chip tingkat lanjut.

Perusahaan rintisan lokal seperti Empyrean mencoba meniru alat perangkat lunak yang sangat diperlukan yang dilisensikan oleh Synopsys dan Cadence, yang digunakan oleh sebagian besar perancang chip dunia.

Bahkan dalam ranah memori yang dikomoditisasi, anak perusahaan Tsinghua Unigroup yang didukung negara menghabiskan miliaran dolar untuk produksi massal untuk menantang Samsung Electronics Co. dan Micron Technology Inc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper