Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kena Kasus Pelanggaran Paten Terbesar dalam Sejarah, Intel Wajib Bayar Rp30,5 Triliun

Perkara ini menjadi salah satu pelanggaran paten terbesar dalam sejarah AS. Intel menyatakan akan mengajukan banding.
Papan logo Intel di kantor pusatnya di Santa Clara, California, AS/Bloomberg
Papan logo Intel di kantor pusatnya di Santa Clara, California, AS/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Intel Corp diwajibkan untuk membayar VLSI Technology LLC senilai US$ 2,18 miliar atau sekitar Rp30,5 triliun oleh juri federal di Texas setelah kalah dalam sidang perkara pelanggaran paten atas teknologi yang terkait dengan pembuatan chip.

Perkara ini menjadi salah satu pelanggaran paten terbesar dalam sejarah AS. Intel menyatakan akan mengajukan banding.

Intel disebut melanggar dua hak paten yang dimiliki oleh VLSI. Juri menemukan US$1,5 miliar untuk pelanggaran satu paten dan US$ 675 juta untuk pelanggaran paten kedua.

Juri menepis penolakan Intel yang melanggar salah satu paten dan argumennya bahwa satu paten tidak valid karena diklaim mencakup pekerjaan yang dilakukan oleh teknisi Intel.

Paten itu telah dimiliki oleh pembuat chip Belanda NXP Semiconductors Inc. Pengacara Intel William Lee dari WilmerHale mengatakan kepada juri dalam argumen penutup mengatakan VLSI, yang didirikan empat tahun lalu, tidak memiliki produk dan satu-satunya potensi pendapatan adalah gugatan ini.

"VLSI mengambil dua paten dari rak yang tidak digunakan selama 10 tahun dan berkata, 'kami ingin US$ 2 miliar'," kata Lee kepada juri, dilansir Bloomberg, Rabu (3/3/2021).

Dia berargumen bahwa VLSI berhak atas tidak lebih dari US$ 2,2 juta.

"Intel sangat tidak setuju dengan keputusan juri hari ini. Kami bermaksud untuk mengajukan banding dan yakin bahwa kami akan menang," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Saham Intel turun 2,6 persen menjadi US$ 61,24 di perdagangan New York. Sepanjang tahun ini sahamnya naik 23 persen. Salah satu paten awalnya dikeluarkan pada 2012 untuk Freescale Semiconductor Inc. dan yang lainnya pada 2010 kepada SigmaTel Inc.

Freescale membeli SigmaTel dan pada gilirannya dibeli oleh NXP pada 2015. Kedua paten dalam hal ini ditransfer ke VLSI pada 2019, menurut ke data yang dikumpulkan oleh Bloomberg Law.

Pengacara VLSI Morgan Chu dari Irell & Manella mengatakan paten mencakup penemuan yang meningkatkan kekuatan dan kecepatan prosesor, masalah utama persaingan.

Juri mengatakan tidak ada pelanggaran yang disengaja. Sebuah temuan sebaliknya akan memungkinkan Hakim Pengadilan Distrik Alan Albright untuk meningkatkan putusan lebih jauh, hingga tiga kali lipat dari jumlah yang ditetapkan oleh juri.

“Kami sangat senang bahwa juri mengakui nilai inovasi yang tercermin dalam paten dan sangat senang dengan keputusan juri,” kata Michael Stolarski, kepala eksekutif VLSI, dalam pernyataan melalui email.

Intel membayar MicroUnity Systems Engineering Corp. sebesar US$ 300 juta pada 2005 dan pada 2011 membayar Nvidia Corp. US$ 1,5 miliar meskipun penyelesaian dalam kasus itu melibatkan lintas lisensi teknologi.

"Perusahaan yang beroperasi akan terganggu tidak hanya oleh besarnya penghargaan tetapi juga teori kerusakan," kata Michael Tomasulo, pengacara Winston Strawn yang menghadiri persidangan.

Denda yang dikenalan itu sekitar setengah dari laba kuartal keempat Intel. Perusahaan telah mendominasi industri chip senilai US$ 400 miliar selama sebagian besar 30 tahun terakhir, meskipun berjuang untuk mempertahankan posisi tersebut.

Vonis ini lebih kecil dari vonis US$ 2,5 miliar yang dimenangkan oleh Merck & Co. atas pengobatan hepatitis C. Tahun lalu, Cisco Systems Inc. diputus oleh hakim federal di Virginia untuk membayar US$ 1,9 miliar kepada perusahaan keamanan siber kecil yang menuduhnya menyalin fitur untuk mencuri kontrak pemerintah. Cisco telah meminta pengadilan baru kepada hakim.

Kasus ini adalah salah satu dari sedikit sengketa paten secara langsung dalam beberapa bulan terakhir, dengan banyak pengadilan mendesak jeda di tengah pandemi virus Corona. Sidangnya ditunda seminggu karena badai musim dingin yang mendatangkan malapetaka di sebagian besar Texas.

Intel telah berusaha untuk menunda kasus karena pandemi, tetapi ditolak oleh Albright, mantan litigator paten dan hakim yang dilantik sebagai hakim federal pada 2018 dan dengan cepat mengubah ruang sidangnya menjadi salah satu yang paling populer bagi pemilik paten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper