Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyelesaian Konstruksi Tol Danowudu-Bitung Molor hingga Medio 2021

Panjang ruas Danowudu—Bitung mencapai 13,5 kilometer dengan progres konstruksi di posisi 74,48 persen pada awal Februari 2021.
Gerbang tol Manado di ruas jalan tol Manado tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara./Jasa Marga
Gerbang tol Manado di ruas jalan tol Manado tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA  — Badan Pengatur Jalan Tol optimistis dapat menyelesaikan konstruksi jalan tol Manado—Bitung ruas Danowudu—Bitung pada medio 2021. Artinya, penyelesaian ruas Danowudu—Bitung tidak akan sesuai rencana awal

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan jalan bebas hambatan perdana di Sulawesi Utara tersebut dapat memudahkan akses berkendara yang semakin lancar dan cepat bagi masyarakat. Adapun, lanjutnya, jalan tol Manado—Bitung akan memangkas waktu tempuh Manado—Bitung dari posisi saat ini selama 1,5 jam menjadi 30 menit.

"Tersambungnya ruas Danowudu—Bitung akan memberikan peran penting dalam kemudahan aksesibilitas barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung yang merupakan salah satu dari pintu ekspor-impor bagi kawasan Indonesia bagian timur," katanya kepada Bisnis, Rabu (24/2/2021).

Berdasarkan laman resmi BPJT, ruas Danowudu—Bitung merupakan ruas terakhir dalam konstruksi jalan tol Manado—Bitung. Adapun, panjang ruas Danowudu—Bitung mencapai 13,5 kilometer dengan progres konstruksi di posisi 74,48 persen pada awal Februari 2021.

Sementara itu, penyelesaian konstruksi ruas tersebut dijadwalkan rampung pada Maret 2021. Dengan kata lain, konstruksi ruas Danowudu—Bitung akan terlambat sekitar 3 bulan.

Investasi yang ditanamkan dalam pembangunan jalan tol Manado—Bitung mencapai Rp5,12 triliun. Selain itu, biaya konstruksi jalan tol Manado—Bitung ditaksir senilai Rp3,27 triliun, sedangkan biaya pembebasan tanah di kisaran Rp60 miliar.

Danang berujar konstruksi jalan tol Manado—Bitung merupakan salah satu dukungan signifikan bagi pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Bitung. Selain itu, lanjutnya, jalan tol tersebut juga akan mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional(KSPN) Super Prioritas Manado—Bitung—Likupang.

Ruas Manado—Danowudu pada jalan tol Mando—Bitung telah diresmikan olek Presiden Joo Widodo pada akhir kuartal III/2020. Lokasi jalan tol tersebut dinilai strategis lantaran gerbang tol Manado hanya berjarak sekitar 9 kilometer dari Bandara Internasional Sam Ratulangi atau hanya sekitar 12 menit bila ditempuh dari bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper