Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terima Dubes China, Menteri Trenggono Amankan Ekspor Perikanan

Indonesia berupaya meningkatkan ekspor hasil perikanan ke China. Sejalan dengan itu, KKP mengajak pemerintah China bekerja sama di bidang metodologi dan teknologi dalam mendeteksi keberadaan virus SARS Cov-2 pada produk perikanan.
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat bertemu Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian di kantor KKP, Jumat (19/2/2021)./KKP
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat bertemu Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian di kantor KKP, Jumat (19/2/2021)./KKP

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan berupaya meningkatkan ekspor hasil perikanan ke China. Sejalan dengan itu, KKP mengajak pemerintah China bekerja sama di bidang metodologi dan teknologi dalam mendeteksi keberadaan virus SARS Cov-2 pada produk perikanan. Langkah ini sebagai upaya menjamin mutu dan keamanan produk perikanan yang akan dikirim ke negara tersebut.

"Kami berharap ada kerja sama metodologi dan teknologi yang dipakai oleh GACC [otoritas bea cukai China] dalam mendeteksi produk-produk perikanan dari Covid-19," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat bertemu Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian di kantor KKP, Jumat (19/2/2021).

China merupakan mitra dagang potensial Indonesia khususnya di bidang perikanan. Sebagai importir terbesar, negara tersebut mampu menyerap lebih dari 422 ribu ton produk perikanan Indonesia, di mana komoditas paling diminati adalah cumi-sotong-gurita dan rumput laut. Namun untuk nilai ekspor, Amerika Serikat berada di posisi pertama.

Ketika pandemi Covid-19 melanda dunia tahun lalu, China memberlakukan pengetatan pemeriksaan setiap produk perikanan yang masuk, termasuk dari Indonesia. Dari pemeriksaan ini, beberapa kali otoritas negara itu mendeteksi virus di kemasan produk perikanan Indonesia.

Menteri Trenggono menjelaskan setiap produk perikanan yang akan diekspor sebenarnya sudah melalui sejumlah pengujian. Baik itu komoditasnya, pengemasannya, maupun saat pengiriman. Proses pengujian ini turut melibatkan perguruan tinggi supaya hasil yang didapat lebih akurat.

Menurut Menteri Trenggono, kesamaan metodologi dan teknologi dalam mendeteksi virus corona pada produk perikanan menurutnya penting. Selain untuk memastikan keamanan produk, proses perdagangan dua negara juga berjalan tanpa hambatan.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Trenggono sekaligus mengajak pemerintah China untuk berinvestasi di sektor perikanan, khususnya di bidang infrastruktur pelabuhan.

"Mudah-mudahan pertemuan ini bisa jadi tindak-lanjut untuk kita lebih intens berkomunikasi, khususnya soal investasi dan perdagangan perikanan," ungkap Menteri Trenggono.

Duta Besar Xiao Qian menyambut baik ajakan perluasan kerja sama di bidang perikanan yang ditawarkan oleh KKP. Kerja sama yang terjalin selama ini didominasi bidang budidaya dan industri pengolahan perikanan. "Semua bentuk kerja sama dari investasi tentunya bisa dilakukan," urainya.

Pihaknya juga akan meneruskan ke otoritas terkait dengan permintaan kerja sama KKP tentang metodologi dan teknologi yang dipakai untuk mendeteksi virus penyebab Covid-19 pada produk perikanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper