Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Integrasi Ruang Kerja Fleksibel Menjadi Keutamaan

Di tengah lanskap ekonomi saat ini, perusahaan harus mampu menangkap peluang untuk menjadi lebih dinamis dalam menerapkan strategi ruang kerja mereka.
Salah satu coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan./Reuters
Salah satu coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Integrasi ruang kerja (workspace) yang fleksibel kian penting untuk menghadapi realitas di masa pandemi.

Head of Growth for WeWork Southeast Asia Elizabeth Laws Fuller mengatakan bahwa program vaksinasi yang tengah berjalan semakin mempertebal optimisme pemulihan ekonomi di Indonesia. 

Perusahaan kini dituntut berpandangan lebih jauh ke depan dan mengutamakan integrasi ruang kerja fleksibel untuk menyongsong era pemulihan ekonomi.

"Kami melihat perusahaan tak hanya sedang mempertimbangkan ulang untuk memiliki ruang kerja tradisional, tetapi juga mulai memahami pentingnya ruang kerja yang fleksibel untuk menjawab berbagai peluang dan tantangan di masa depan," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (20/2/2021). 

Terdapat 45 persen perusahaan anggota WeWork di Indonesia meyakini bahwa fleksibilitas saat ini adalah kunci keberhasilan bagi dunia usaha. Menavigasi strategi ruang kerja bersama WeWork untuk keberlanjutan bisnis, kini menjadi prioritas baru mereka dalam beradaptasi, mengoptimalkan, dan menjawab kebutuhan di era baru.

Menurutnya, sejalan dengan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif, perusahaan kini perlu berpandangan lebih jauh dalam menjalankan keberlanjutan bisnisnya, tidak hanya berfokus pada masa pandemi. 

"Di tengah lanskap ekonomi saat ini, perusahaan harus mampu menangkap peluang untuk menjadi lebih dinamis dalam menerapkan strategi ruang kerja mereka,” tuturnya. 

Saat pandemi pertama kali melanda, lanjut Elizabeth, kelangsungan usaha menjadi hal penting dalam menerapkan efisiensi operasional. Pasalnya, banyak sektor penting seperti perusahaan jasa keuangan dan farmasi yang harus tetap beroperasi secara fisik. 

Mempertimbangkan faktor eksternal, seperti kecepatan internet, tata letak, dan sewa ruang yang kaku, dunia usaha lantas mengambil pendekatan yang lebih proaktif dari sisi ruang kerja untuk menanamkan kepercayaan dalam operasional mereka.

Seiring dengan berlanjutnya pandemi, perusahaan yang lebih peka terhadap perubahan mulai memprioritaskan fleksibilitas sebagai bagian utama dari perencanaan bisnis mereka. "Fleksibilitas juga menjadi poin penting bagi mereka untuk mendukung perkembangan tenaga kerja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper