Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikuti Jejak Australia, Kanada Siap Hadapi Facebook Perkara Konten Berita

Kanada juga akan mencari sekutu dalam pertempuran media dengan raksasa teknologi ini dan berjanji untuk tidak mundur jika platform media sosial menutup akses berita negara itu seperti yang terjadi di Australia.
Logo Facebook di Nasdaq/ Bisnis
Logo Facebook di Nasdaq/ Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Mengikuti langkah Australia, Kanada menegaskan pada Kamis (18/2/2021) untuk membuat Facebook membayar konten berita yang dibagikannya.

Pemerintah Kanada juga akan mencari sekutu dalam pertempuran media dengan raksasa teknologi ini dan berjanji untuk tidak mundur jika platform media sosial menutup akses berita negara itu seperti yang terjadi di Australia.

Facebook memblokir semua konten berita Australia pada layanannya atas usulan undang-undang yang mewajibkan Facebook dan Alphabet Google membayar biaya kepada penerbit Australia untuk tautan berita yang dibagikannya.

Menteri Keuangan Kanada Steven Guilbeault, yang bertanggung jawab membuat undang-undang serupa yang akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang, mengutuk tindakan Facebook dan mengatakan langkah Facebook itu tidak akan menghalangi Ottawa.

"Kanada berada di garis depan pertempuran ini ... kami benar-benar di antara kelompok negara pertama di dunia yang melakukan ini," katanya kepada wartawan, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Tahun lalu, organisasi media Kanada memperingatkan potensi kegagalan pasar tanpa tindakan pemerintah. Mereka mengatakan bahwa pendekatan Australia akan memungkinkan penerbit memperoleh C$620 juta setahun. Tanpa tindakan, organisasi memperingatkan, Kanada akan kehilangan 700 pekerjaan jurnalisme cetak dari total 3.100 pekerjaan saat ini.

Guilbeault mengatakan Kanada dapat mengadopsi model Australia, yang mengharuskan Facebook dan Google mencapai kesepakatan untuk membayar outlet berita yang tautannya mendorong aktivitas di layanan mereka, atau menyetujui harga melalui arbitrase yang mengikat.

Pilihan lainnya adalah mengikuti contoh Prancis, yang membutuhkan platform teknologi besar untuk membuka pembicaraan dengan penerbit yang mencari remunerasi untuk penggunaan konten berita.

"Kami sedang bekerja untuk melihat model mana yang paling sesuai," katanya. Dia juga menambahkan bahwa dirinya telah berbicara minggu lalu dengan rekan-rekannya di Prancis, Australia, Jerman dan Finlandia tentang bekerja sama dalam memastikan kompensasi yang adil untuk konten web media.

"Saya menduga bahwa dalam waktu dekat kita akan memiliki lima, 10, 15 negara yang mengadopsi aturan serupa ... apakah Facebook akan memutuskan hubungan dengan Jerman, dengan Prancis?" ungkapnya.

Profesor Universitas Toronto Megan Boler, yang berspesialisasi dalam media sosial, mengatakan tindakan Facebook menandai titik balik yang akan membutuhkan pendekatan internasional bersama.

"Kami benar-benar bisa melihat koalisi, sebuah front persatuan melawan monopoli ini, yang bisa sangat kuat," katanya dalam wawancara telepon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper