Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Imlek, AP II: Jumlah Penumpang Pesawat Naik Tipis

PT Angkasa Pura II mencatat jumlah penumpang saat libur Imlek rata-rata sebanyak 38.000 per hari atau lebih tinggi dari kondisi normal yang mencapai 32.000–37.000 per hari.
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat pergerakan selama periode libur Tahun Baru Imlek pada 2021 cenderung stabil dan hanya meningkat tipis.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan pada periode 11 Februari 2021–14 Februari 2021, jumlah penumpang pesawat di seluruh bandara perseroan mencapai 294.210 orang dengan jumlah 3.788 pergerakan pesawat.

Pada periode tersebut, khusus di Bandara Soekarno-Hatta jumlah penumpang sebanyak 154.292 orang atau rata-rata seakitar 38.000 orang per hari.

Menurutnya pergerakan penumpang ini relatif stabil jika dibandingkan dengan hari normal yang berkisar 32.000–37.000 orang per hari. Terlebih pemerintah juga mengeluarkan larangan bepergian ke luar kota kepada aparatur sipil negara (ASN) dan juga pegawai BUMN.

“Jumlah penumpang pada libur panjang Imlek 2021 relatif stabil dibandingkan dengan hari normal, sejalan dengan imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk tidak bepergian jika tidak penting dan mendesak,” ujarnya melalui siaran pers dikutip, Selasa (16/2/2021).

Puncak arus keberangkatan terjadi pada 11 Februari dan puncak arus kedatangan pada 14 Februari berjalan lancar. Adapun pada periode libur Imlek kemarin, sempat dilakukan penutupan Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai dampak dari erupsi Gunung Raung. Penutupan Bandara Banyuwangi demi faktor keselamatan penerbangan itu dilakukan pada 7–13 Februari 2021. Kemudian, pada 14 Februari 2021, bandara sudah dibuka kembali untuk melayani penerbangan.

Lancarnya penerbangan juga terlihat dari tingkat ketepatan waktu (on-time performance/OTP) dari penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta yang mencapai 93,27 persen pada puncak arus kedatangan 14 Februari 2021.

Senada VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan pada libur panjang akhir pekan imek tersebut masih dalam rata-rata penerbangan harian sehingga tidak ada pergerakan yang signifikan.

Selama libur panjang akhir pekan tersebut, fasilitas dan layanan dapat diterapkan dengan baik, termasuk Airport Health Center yang merupakan lokasi pengambilan tes Covid-19 baik itu rapid test antigen atau PCR test. Tak hanya itu, protokol kesehatan juga diterapkan dengan baik pada setiap checkpoint di alur keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat selalu dijaga penerapan physical distancing dan kewajiban penggunaan masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper