Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Libur Imlek, Layanan GeNose di Pasar Senen Meningkat

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan tercatat sejak 3 Februari 2021 sampai 10 Februari 2021 sekitar 9.834 calon penumpang menggunakan layanan Genose di Stasiun Pasar Senen.
Calon penumpang kereta api mengikuti pemeriksaan sampel napas Genose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (4/2/2021). / Bisnis-Himawan L Nugraha
Calon penumpang kereta api mengikuti pemeriksaan sampel napas Genose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (4/2/2021). / Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan menyediakan layanan Genose untuk pemeriksaan deteksi dini Covid-19 yang dilaksanakan di Stasiun Pasar Senen Sejak 3 Februari 2021 dan hingga kini masih berlangsung dengan kondusif.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan tercatat sejak 3 Februari 2021 sampai 10 Februari 2021 sekitar 9.834 calon penumpang menggunakan layanan Genose di Stasiun Pasar Senen untuk melengkapi persyaratan berkas pada perjalanan KA Jarak Jauh dari area Daop 1 Jakarta.

Dia melanjutkan untuk hari Kamis (11/2/2021) berdasarkan data per pukul 12.00 WIB terdapat sekitar 1.200 calon penumpang menggunakan layanan Genose di Stasiun.

Menurutnya, sebagai upaya agar layanan Genose di Stasiun Pasar Senen dapat berjalan dengan baik, jumlah perangkat telah ditambah sebanyak 4 unit sehingga untuk saat ini layanan Genose beroperasi dengan menggunakan 10 perangkat untuk membaca hasil sampel.

PT KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan pengaturan pada alur penumpang di layanan Genose dan Rapid agar meski terjadi kepadatan namun jarak fisik tetap terjaga dan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid 19 diterapkan dengan baik.

Pada layanan Genose, area terbagi menjadi 3 zona untuk memisahkan sejumlah aktivitas tersebut. Adapun zona 1 digunakan sebagai area untuk aktivitas pendaftaran, zona 2 pengambilan sampel dan pembacaan hasil serta zona 3 dikhususkan untuk area tunggu pengambilan hasil dalam bentuk berkas.

Sejumlah upaya tersebut dilakukan agar protokol pencegahan Covid 19 tetap berjalan baik di Stasiun. Daop 1 Jakarta menghimbau seluruh masyarakat yang beraktifitas di Stasiun dan menggunakan KA Jarak Jauh agar mengikuti seluruh aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan terkait protokol kesehatan.

Dia juga mengingatkan kepada penumpang terkait dengan protokol kesehatan yang baru pada masa libur panjang keagamaan. Beberapa protokol tersebut antara laain, calon penumpang harus memenuhi persyaratan sebelum melakukan perjalanan KA, menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19) yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudiana, calon penumpang anak di bawah 5 tahun tidak diwajibkan melakukan tes RT-PCR/ rapid tes antigen/ GeNose tes untuk syarat naik KA Jarak Jauh. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Satgas No. 7 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi Covid-19.

Calon penumpang juga harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI.

Kemudian penumpang harus mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA serta dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

Pemeriksaan kondisi kesehatan penumpang tak hanya dilakukan di stasiun, sepanjang perjalanan petugas secara berkala juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang.

Jika diperjalanan kedapatan penumpang memiliki suhu tubuh diatas 37,3 derajat maka akan dipindahkan ke ruang isolasi sementara di atas KA, selanjutnya penumpang tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut. Petugas juga akan aktif memastikan penumpang selalu menggunakan APD sepanjang perjalanan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper