Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Perjalanan KRL Ditambah Mulai 10 Februari, Ini Perinciannya

Direktur Utama PT KCI Wiwik widayanti mengatakan dalam pemberlakuan GAPEKA 2021 ini ada sejumlah perubahan pola operasi perjalanan KRL di beberapa lintas untuk memastikan keselamatan perjalanan KRL serta perawatan Sarana KRL untuk menjamin kehandalan Sarana KRL dalam pelayanan kepada para penggunanya
Antrean penumpang KRL di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (8/6/2020), mengular hingga di area parkir stasiun./Twitter
Antrean penumpang KRL di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (8/6/2020), mengular hingga di area parkir stasiun./Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) akan memberlakukan jadwal baru perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) dan kereta api lokal yang dikelolanya sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2021 mulai 10 Februari 2021

Direktur Utama PT KCI Wiwik widayanti mengatakan dalam pemberlakuan GAPEKA 2021 ini ada sejumlah perubahan pola operasi perjalanan KRL di beberapa lintas untuk memastikan keselamatan perjalanan KRL serta perawatan Sarana KRL untuk menjamin kehandalan Sarana KRL dalam pelayanan kepada para penggunanya.

Salah satunya adalah KRL pemberangkatan dari Stasiun Maja yang berubah menjadi pemberangkatan awal dari Stasiun Rangkasbitung. Kebijakan ini dengan mempertimbangkan jumlah pengguna KRL dari Rangkasbitung yang terus meningkat dan tersedianya tambahan jalur stabling (jalur untuk kereta berhenti seusai beroperasi dan menjalani perawatan harian) di Stasiun Rangkasbitung.

Selanjutnya, kata dia, Stasiun Maja tetap melayani naik turun pengguna KRL. Sementara itu pemberangkatan KRL dari Stasiun Sudimara menuju Stasiun Tanah Abang pukul 06.35 WIB pada GAPEKA 2021 ini dialihkan pemberangkatannya menjadi dari Stasiun Parungpanjang.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan dan sarana KRL yang stabling di Stasiun tersebut, karena pada dasarnya Stasiun Sudimara bukan sebagai stasiun stabling KRL. Di GAPEKA 2021 Pada waktu yang sama, pengguna di Stasiun Sudimara akan tetap dilayani oleh KRL tujuan Tanah Abang pada pukul 06.34 WIB,” ujarnya, Minggu (7/2/2021).

Pada GAPEKA 2021 ini KAI Commuter memprogramkan operasional perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek tiap harinya sejumlah 1.151 perjalanan dengan 94 loop yang beroperasi. Jumlah frekuensi perjalanan yang diprogramkan tersebut bertambah 94 perjalanan dibandingkan dengan program GAPEKA 2019 dimana terdapat 1057 perjalanan dan 90 loop untuk KRL Commuter Line Jabodetabek.

Meskipun demikian, tidak seluruh perjalanan yang diprogramkan tersebut akan berjalan mulai 10 Februari 2021 sehubungan jadwal KRL masih menyesuaikan dengan aturan jam operasional angkutan umum pada masa PSBB maupun PPKM di berbagai wilayah.

”Pada awal pemberlakuan GAPEKA 2021 nantinya, KRL Commuter Line Jabodetabek akan tetap beroperasi pada pukul 04.00 – 22.00 WIB dengan 984 perjalanan KRL per hari. Saat ini dengan jam operasional yang sama, KAI Commuter mengoperasikan 964 perjalanan KRL tiap harinya,” imbuhnya.

Wiwik berharap penambahan perjalanan KRL ini akan diterima oleh para pengguna jasa KRL. Penambahan perjalanan. Pasalnya dengan adanya penambahan perjalanan KRL di GAPEKA 2021 ini juga, penerapan protokol kesehatan dalam menggunakan transportasi publik khususnya KRL diharapkan dapat lebih maksimal.

KRL di GAPEKA 2021 ini juga mendukung protokol kesehatan yang diberlakukan KAI Commuter dalam pembatasan jumlah pengguna tiap keretanya dan pemenuhan jaga jarak antar pengguna KRL. GAPEKA 2021 yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, dalam Keputusan Menteri Perhubungan No: KP.1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2021. GAPEKA 2021 ini akan menggantikan GAPEKA tahun 2019 yang menjadi dasar penyusunan jadwal kereta, termasuk penambahan frekuensi dan jadwal perjalanan KRL dibanding yang berlaku saat ini.

Pada GAPEKA 2021, Jumlah perjalanan KRL untuk lintas Bogor direncanakan sebanyak 476 perjalanan KRL yang terdiri dari Central Line (Bogor/Depok – Jakarta Kota PP) terdapat 267 perjalanan dengan dan Loop Line (Bogor/Depok –Jatinegara PP) terdapat 209 perjalanan.

Sedangkan Jumlah perjalanan KRL Bekasi direncanakan sebanyak 236 perjalanan, yang terdiri dari Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota Via Manggarai PP sebanyak 202 perjalanan, dan Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota Via Pasar Senen PP terdapat 34 perjalanan.

Untuk lintas Serpong (Rangkasbitung/Parung Panjang/Serpong – Tanah Abang PP) diprogramkan 237 perjalanan KRL pada lintas tersebut. Sementara di lintas Tangerang (Tangerang – Duri PP) pada GAPEKA 2021 ini direncanakan perjalanan KRL sejumlah 118 perjalanan.

Sedangkan lintas Tanjuk Priok (Tanjung Priok – Jakarta Kota PP) pada GAPEKA 2021 ini terdapat rencana perjalanan KRL sebanyak 84 perjalanan.

Sejalan dengan penugasan yang diberikan pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia (persero) sebagai perusahaan induk, KAI Commuter saat ini juga mengoperasikan KA Lokal Merak, KA Prambanan Ekspres, dan segera akan mengoperasikan KRL Yogyakarta – Solo.

Pada GAPEKA 2021 ini, terdapat 14 perjalanan per harinya untuk KA Lokal Merak yang melayani Merak – Rangkasbitung PP. Untuk KA Prambanan Ekspres pada GAPEKA 2021 relasinya berubah menjadi Kutoarjo - Yogyakarta PP dengan delapan perjalanan per harinya. Sebelumnya KA Prambanan Ekspres melayani lintas Kutoarjo – Yogyakarta – Solo PP. Sedangkan untuk KRL Yogyakarta – Solo PP yang saat ini masih dalam tahap uji coba untuk masyarakat ,akan beroperasi sepenuhnya mulai 10 Februari sesuai pemberlakuan GAPEKA 2021 dengan 20 perjalanan setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper