Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Targetkan Bangun 20 Madrasah di Jabar yang Didanai SBSN

Hal itu diungkapkan Dirjen Pendidikan Islam saat meresmikan delapan gedung madrasah yang telah dibangun dengan skema SBSN pada tahun anggaran 2020 di Cianjur.
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama M. Ali Ramdhani mengatakan bahwa pihaknya pada tahun ini bakal membangun 20 gedung madrasah di Jawa Barat dengan pendanaan dari skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Karena capaian prestasi untuk Jawa Barat ini relatif baik, maka pada tahun ini kita akan menghadirkan gedung madrasah baru melalui skema SBSN sebanyak 20 gedung,” tutur M. Ali Ramdhani, seperti dikutip dari keterangan resmi Kemenag, Jumat (5/2/2021). 

Hal itu diungkapkan Dirjen Pendidikan Islam yang akrab disapa Dhani ini saat meresmikan delapan gedung madrasah yang telah dibangun dengan skema SBSN pada tahun anggaran 2020 di Cianjur.

Delapan gedung tersebut adalah Gedung Workshop Keterampilan MAN 2 Cianjur, MAN 4 Bogor, MTsN 1 Pengandaran, MAN 2 Tasikmalaya, MTsN 2 Cirebon, MAN 2 Tasikmalaya, MTsN 2 Cirebon dan MTsN 1 Garut.

Lebih lanjut, Dhani berharap kehadiran gedung-gedung ini menambah makna kualitas pembelajaran madrasah. Dia pun mengingatkan para pemangku kepentingan untuk senantiasa memperhatikan pertanggungjawaban pembangunan gedung madrasah berskema SBSN ini. 

SBSN ini adalah dana pinjaman yang investornya dipegang oleh kementerian keuangan dan sumber daya lainnya adalah masyarakat kita,” lanjut Dhani.

Tak hanya perbaikan sarana fisik, Dhani mengajak seluruh pelaku pendidikan untuk berkomitmen membangun madrasah dengan memperhatikan soft skill peserta didik. Slogan ‘Madrasah Hebat Bermartabat’ menurutnya bisa terwujud bila di dalamnya terdapat sistem pembelajaran yang dapat mengantarkan peserta didik untuk mampu beradaptasi sesuai dengan zamannya. 

“Kita perlu mempersiapkan penguasa-penguasa anak-anak zaman. Dan kita menginginkan Madrasah ini hadir untuk melahirkan anak-anak bangsa yang memiliki kriteria dan ciri sebagai anak zaman,” tandas Dhani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper