Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Imlek, Harga Makanan Melonjak di China

Lonjakan harga ini disebabkan oleh kebangkitan virus Corona dan musim dingin yang jauh lebih parah dari biasanya. Kombinasi keduanya meningkatkan biaya makanan dan mendorong inflasi.
Suasana Pasar Induk Xinfadi di Distrik Fengtai, Beijing, China, pada sore hari 19 Juli 2019. /ANTARA
Suasana Pasar Induk Xinfadi di Distrik Fengtai, Beijing, China, pada sore hari 19 Juli 2019. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Harga sejumlah bahan pangan melambung di China jelang perayaan Tahun Baru Imlek.

Lonjakan harga ini disebabkan oleh kebangkitan virus Corona dan musim dingin yang jauh lebih parah dari biasanya. Kombinasi keduanya meningkatkan biaya makanan dan mendorong inflasi seperti halnya rumah tangga menuntut meja makan untuk perayaan tahun baru.

Wang Chunxia, misalnya, seorang pensiunan di China, telah mulai berbelanja untuk pesta Tahun Baru Imlek untuk keluarganya dan khawatir berapa banyak yang harus dia keluarkan bahkan untuk kebutuhan dasar seperti daging dan sayuran.

"Harga sayur-mayur, daging babi, ikan, dan udang semua naik,” kata Wang, yang tinggal di kota kecil Baoji di provinsi utara Shaanxi, dilansir Bloomberg, Kamis (3/2/2021).

Pengeluaran untuk perayaan tahun ini bisa lebih dari 1.000 yuan (US$155), dua kali lipat jumlah tahun lalu.

Harga daging babi, yang telah melemah setelah pemulihan yang cepat setelah wabah demam babi Afrika, telah kembali mendekati level tertinggi pada September lalu. Kemacetan di pelabuhan memengaruhi pasokan daging babi dan makanan laut karena pihak berwenang menuntut pemeriksaan semua impor makanan beku setelah jejak virus Corona ditemukan pada makanan dan kemasan.

Harga sayur-mayur juga meroket karena cuaca yang sangat dingin merusak tanaman di daerah pertanian utama di selatan. Indeks harga grosir barang-barang pertanian kementerian perdagangan melonjak ke level tertinggi sepanjang masa bulan lalu, dengan kubis dan kembang kol mencatat kenaikan terbesar.

Kendala logistik karena pembatasan perjalanan untuk mengendalikan penyebaran virus menghambat pengangkutan buah dan sayur. Dalam beberapa pekan terakhir, sebagian besar China utara, rumah bagi puluhan juta orang, telah diisolasi setelah lonjakan kasus yang berpusat di provinsi Hebei.

Pengemudi truk yang mengirimkan hasil bumi ke Beijing dari wilayah selatan seperti Hainan, Yunnan, dan Sichuan harus melewati Hebei dan menjalani pengujian.

Melengkapi lonjakan harga pangan, pasar keuangan untuk produk pertanian sedang memanas. Harga jagung dan kedelai di Dalian Commodity Exchange telah melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, bahkan dengan rekor impor pada 2020, saat China berupaya memasok pakan dari seluruh dunia untuk populasi babi yang sangat besar.

Menurut Ma Wenfeng, seorang analis di Beijing Orient Agribusiness Consultant Co., upaya China untuk meningkatkan pertumbuhan setelah pandemi dengan melonggarkan pasokan uang juga sebagian harus disalahkan.

"Banyak yang bertaruh pada produk pertanian karena ini adalah kebutuhan hidup sehari-hari, termasuk gandum, jagung, kedelai, dan sayuran,” kata Ma.

Menjelang Festival Musim Semi, pembuat kebijakan meyakinkan konsumen bahwa ada banyak persediaan. Menurut Kementerian Pertanian, pasokan daging babi domestik bisa sekitar 25 persen lebih tinggi pada Januari dan Februari dibandingkan tahun lalu. Pihak berwenang juga menawarkan gandum dan babi dalam jumlah yang lebih besar dari cadangan negara untuk dijual.

Harga makanan diperkirakan akan turun, tetapi hanya setelah liburan. Meng Jinhui, analis senior di Shengda Futures Co. mengatakan pemerintah kemungkinan akan memperketat kebijakan moneter, terutama di paruh kedua tahun ini, yang akan mengekang spekulasi di pasar pertanian dan impor biji-bijian besar-besaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper