Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Minta Pindad dan BBP Mektan Bikin Robot Penanam Padi

Pemerintah mendorong PT Pindad (Persero) untuk berkolaborasi dengan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) untuk mengembangkan alat mesin pertanian (alsintan) penanam singkong dan robot penanam padi.
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan  didamipingi oleh Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, dan Kepala BPPT Hammam Riza saat mengunjungi BBP Mektan, Serpong, Rabu (27/1/2021). /PINDAD
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan didamipingi oleh Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, dan Kepala BPPT Hammam Riza saat mengunjungi BBP Mektan, Serpong, Rabu (27/1/2021). /PINDAD

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mendorong PT Pindad (Persero) untuk berkolaborasi dengan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) untuk mengembangkan alat mesin pertanian (alsintan) penanam singkong dan robot penanam padi.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tiga hal pokok dalam pengembangan sektor pertanian, yaitu bibit, pupuk dan alat mesin pertanian (alsintan).

Agar program food estate di Indonesia dapat berjalan, Kementerian Pertanian perlu mengembangkan teknologi pertanian terintegrasi, mulai dari bibit, pupuk, hingga alsintan.

“Litbang Kementerian Pertanian harus melakukan kolaborasi, karena apabila tidak berkolaborasi maka hasilnya tidak akan maksimal,” kata Luhut seperti dikutip dalam siaran pers Pindad, Senin (1/2/2021).

Menurutnya, pengembangan food estate sudah banyak menggunakan produksi dalam negeri salah satunya Pindad. BUMN ini harus mampu mengerjakan solusi alsintan dan dikerjakan bersama-sama.

Hal itu disampaikan Luhut didamipingi oleh Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, dan Kepala BPPT Hammam Riza saat mengunjungi BBP Mektan, Serpong, Rabu (27/1/2021). Kunjungan ke BBP Mektan merupakan bagian dari upaya memastikan kesiapan rekayasa dan manufaktur alsintan nasional untuk mendukung program food estate pemerintah.

Luhut menyampaikan akan berkomunikasi dengan Direktur Utama Pindad untuk mediskusikan rencana kolaborasi ini lebih lanjut. Luhut mendukung kerja sama yang dibangun oleh BBP Mektan bersama BPPT dalam pengembangan riset maupun rekayasa alat dan mesin pertanian dengan berbagi manufaktur, termasuk Pindad.

Luhut menyebutkan proyek food estate yang sedang digarap oleh pemerintah saat ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk mewujudkan modernisasi pertanian.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pertanian kita kedepannya harus terintegrasi. Food estate adalah golden opportunity kita untuk bisa mulai membangun pertanian maju dan modern,” ujar Luhut.

Kebutuhan food estate merupakan tantangan untuk pemerintah. Diharapkan dengan adanya teknologi-teknologi maju, pertanian dapat menjadi salah satu ujung tombak untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Di sektor bisnis industrial, lini produksi Divisi Peralatan Industri & Jasa Pindad sudah menghasilkan berbagai alsintan seperti traktor, rota tanam, combine harvester dan pengering padi yang siap mendukung program pertanian nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper