Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Urban Air Port Pertama Dunia Dapat Dukungan Inggris

Urban Air Port Air-One telah terpilih sebagai pemenang Tantangan Penerbangan Masa Depan pemerintah Inggris. Hub pertama dunia untuk pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL), seperti drone kargo dan taksi udara, akan diluncurkan di Coventry akhir 2021.
Hyundai Urban Air Port. Air-One akan menghadirkan transportasi udara perkotaan yang bersih kepada massa dan melepaskan dunia baru mobilitas tanpa emisi. /Hyundai
Hyundai Urban Air Port. Air-One akan menghadirkan transportasi udara perkotaan yang bersih kepada massa dan melepaskan dunia baru mobilitas tanpa emisi. /Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Urban Air Port Air-One telah terpilih sebagai pemenang Tantangan Penerbangan Masa Depan pemerintah Inggris. Hub pertama dunia untuk pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL), seperti drone kargo dan taksi udara, akan diluncurkan di Coventry akhir 2021.

Tantangan Penerbangan Masa Depan telah dibuat untuk mengembangkan infrastruktur dan sistem penerbangan yang memungkinkan kendaraan listrik dan udara otonom generasi berikutnya.

Air-One adalah hub yang beroperasi penuh pertama di dunia untuk pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL) masa depan, seperti drone kargo dan taksi udara, yang akan diluncurkan di Coventry akhir 2021.

Urban Air Port mengembangkan infrastruktur niremisi untuk mobilitas udara di masa depan. Proyek Air-One akan menyatukan industri, pemerintah, dan publik untuk mendemonstrasikan cara membuka potensi mobilitas udara perkotaan untuk mengurangi kemacetan, mengurangi polusi udara, dan mengurangi karbonisasi secara holistik sambil menyediakan perjalanan dan pengiriman penumpang.

NASA memprediksikan bahwa mobilitas perkotaan-udara di AS dapat bernilai hingga US$500 miliar (£ 375 miliar) dalam waktu dekat dan menyatakan penghalang signifikan untuk pertumbuhan pasar adalah kurangnya infrastruktur. Urban Air Port didirikan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Divisi Mobilitas Udara Perkotaan Hyundai Motor Group telah memilih Urban Air Port sebagai mitra infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan global sektor baru ini. Perusahaan Korea Selatan ini berencana membuat pesawat eVTOL dan mendukung ekosistem mobilitas udara perkotaan yang lebih luas.

Hyundai Motor Group mendukung pengembangan Air-One sebagai bagian dari rencananya untuk mengkomersialkan pesawatnya pada 2028.

"Mobil membutuhkan jalan raya. Kereta membutuhkan rel. Pesawat membutuhkan bandara. eVTOL akan membutuhkan Pelabuhan Udara Perkotaan," kata Ricky sandhu, Pendiri dan Ketua Eksekutif Urban Air Port, Jumat (29/1/2021).

Lebih dari seratus tahun yang lalu, penerbangan komersial pertama di dunia lepas landas, menciptakan dunia terhubung yang modern. Urban Air Port akan meningkatkan konektivitas di seluruh kota, meningkatkan produktivitas, dan membantu Inggris memimpin dalam ekonomi global baru yang bersih.

Mobil terbang dulunya adalah penerbangan mewah yang futuristik. Air-One akan menghadirkan transportasi udara perkotaan yang bersih kepada massa dan melepaskan dunia baru mobilitas tanpa emisi.

"Seiring dengan kemajuan program pesawat eVTOL kami, pengembangan infrastruktur pendukung sangat penting," kata Pamela cohn, Chief Operating Officer untuk Divisi Mobilitas Udara Perkotaan dari Hyundai Motor Group.

Air-One adalah proyek unik untuk membantu pengembangan jaringan infrastruktur yang kuat, dapat diakses, dan antarmoda untuk mobilitas masa depan. Hyundai senang menjadi bagian dari kemitraan ini di Inggris, dan berharap dapat bekerja sama untuk menciptakan dampak dan peluang bagi komunitas melalui solusi mobilitas yang aman, terjangkau, dan berpusat pada manusia.

Jejak fisik Urban Air Port yang lebih kecil adalah 60 persen daripada heliport tradisional (infrastruktur yang ada paling sebanding). Dengan menggunakan konstruksi inovatif, lokasi dapat dipasang dalam hitungan hari, mengeluarkan emisi karbon nol bersih dan dapat dioperasikan sepenuhnya di luar jaringan, yang berarti situs tersebut tidak selalu harus bergantung pada sambungan jaringan yang sesuai.

Urban Air Port menyediakan pendekatan terintegrasi untuk dekarbonisasi kota. Ini dirancang untuk mendukung pesawat eVTOL dan melengkapi moda transportasi berkelanjutan lainnya sebagai hub untuk kendaraan listrik, bus, atau skuter.

Desainnya memungkinkan Urban Air Ports dengan mudah dipindahkan ke lokasi alternatif, seiring dengan berkembangnya sektor mobilitas udara. Desain ini juga berarti bahwa situs tersebut ideal untuk manajemen darurat bencana.

Urban Air Ports dapat dengan cepat menyebarkan drone dan eVTOL lainnya untuk mengumpulkan dan mengangkut persediaan darurat, peralatan, dan orang-orang di mana diperlukan.

"Urban Air Port memiliki potensi untuk merevolusi kota-kota di seluruh dunia, menjadikannya lebih terhubung, lebih bersih, dan mempercepat pemulihan ekonomi hijau," kata Gary cutts, Direktur Riset dan Inovasi Inggris Tantangan Penerbangan Masa Depan.

Proyek ini, dikatakannya, melambangkan tujuan dana Tantangan Penerbangan Masa Depan. Ini adalah inovasi yang terbaik, dan akan membantu memposisikan Inggris di garda depan mobilitas listrik perkotaan udara.

Electric Heartlands: Coventry

Urban Air Port memilih Coventry untuk lokasi pertama karena lokasinya di jantung Inggris. Coventry merupakan pusat bersejarah untuk industri mobil dan kedirgantaraan, dengan kumpulan orang dan keterampilan yang dapat mendukung industri manufaktur masa depan.

Lokasi kota yang unik juga menyediakan akses mudah dalam waktu 4 jam ke sebagian besar negara. Pada Desember 2020, Coventry dinobatkan sebagai kota terbaik Inggris untuk mobil listrik. Air-One akan diresmikan selama perayaan kota budaya Coventry di Inggris pada 2021 dan terus menjadi bagian dari Commonwealth Games pada 2022.

"Kami sudah menjadi kota yang membantu membentuk masa depan transportasi listrik. Ini satu lagi proyek terobosan yang menempatkan Coventry di garis depan teknologi baru. Ini menyoroti bagaimana dewan bekerja sama dengan berbagai organisasi untuk membantu membentuk masa depan yang lebih baik dan lebih hijau," kata Cllr Jim O'Boyle, Anggota Kabinet Dewan Kota Coventry untuk Pekerjaan dan Regenerasi.

Dengan mitra penelitian di Coventry University, Urban Air Port berambisi meningkatkan pemahaman publik dan penerimaan teknologi baru, faktor kunci untuk kesuksesan utamanya.

Situs Air-One di Coventry akan menampilkan demonstrasi langsung komando dan kendali pesawat jarak jauh, pengisian / pengisian bahan bakar dan kargo serta pemuatan penumpang untuk pesawat eVTOL berawak dan tak berawak yang beroperasi di tiga pasar utama: layanan taksi udara penumpang, logistik otonom, dan manajemen darurat bencana.

Malloy Aeronautics, pengembang pesawat tak berawak terkemuka dan perusahaan logistik dan teknik yang berbasis di Inggris, adalah mitra pesawat tak berawak Urban Air Port Inggris. Drone kargo besar perusahaan akan didemonstrasikan di situs Air-One.

"Ini adalah tujuan utama Malloy, untuk memperkenalkan logistik udara tak berawak ke dalam lingkungan perkotaan dan menggabungkannya dengan infrastruktur pendukung yang fleksibel dan tangguh, menampung sistem operasi cerdas dan inovasi mutakhir," kata Oriol Badia, CEO Malloy Aeronautics.

Dia mengatakan Air-One memberikan kemampuan untuk melayani berbagai kebutuhan transportasi di masa depan, mulai dari bantuan bencana hingga perlengkapan penting dan sehari-hari bagi warga di seluruh Inggris Raya. Ini adalah peluang yang benar-benar menarik terutama dengan kemitraan yang kuat antara Malloy dan Urban Air Port, sehingga menyatukan kemudahan servis dan pengoperasian, membentuk produk siap pakai.

Urban Air Port mendapatkan hibah £1,2 juta dari UK Research and Innovation’s Future Flight Challenge. Program ini didanai oleh Industrial Strategy Challenge Fund £125 juta, dan dari industri senilai £175 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper