Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelni: KM Lognus 2 Tiba Perdana di Jayapura Angkut Bapokting

Pelni menuturkan KM Lognus 2 tiba perdana di Pelabuhan Depapre, Jayapura dengan membawa bapokting.
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - KM Logistik Nusantara 2 (KM Lognus 2) yang dioperasikan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia - PT Pelni (Persero) tiba di Pelabuhan Depapre, Jayapura Selasa (26/1/2021) malam dengan membawa muatan sebanyak 21 kontainer berisikan bahan pokok dan penting (bapokting).

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan bapokting tersebut terdiri atas 20 kontainer beras dan satu kontainer kecap untuk masyarakat Papua dan Papua Barat. Pelayaran KM Lognus 2 tersebut merupakan pelayaran perdana kapal tol laut yang masuk di Pelabuhan Depapre, selain perdana juga sandar di Pelabuhan Kokas dan Pelabuhan Korido.

"Sebagai operator kapal tol laut yang ditunjuk oleh Kementerian Perhubungan, Pelni berkomitmen penuh untuk melayani masyarakat 3TP [tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan] dalam mendistribusikan bapokting sehingga terbentuk kesetaraan harga serta pemerataan distribusi bapokting di Indonesia," kata Yahya dalam siaran pers yang dikutip, Kamis (28/1/2021).

Dia juga mendorong masyarakat serta pemerintah daerah untuk memanfaatkan kapal tol laut guna mengangkut muatan hasil alam dari Jayapura agar dapat dipasarkan di Jawa Port, sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

Pelni, kata dia, siap untuk terus mendukung konektivitas dan pendistribusian barang dari dan ke timur Indonesia melalui armada barangnya dengan jadwal pelayaran yang tetap dan teratur.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 71/2015, muatan yang diperbolehkan diangkut dengan kapal tol laut terdiri atas kategori kebutuhan pokok hasil pertanian seperti beras, kedelai, cabai, dan bawang merah; kebutuhan pokok hasil industri (gula, minyak goreng, tepung terigu); kebutuhan pokok hasil peternakan dan perikanan (daging sapi, daging ayam, telur, ikan segar); barang penting (benih, pupuk, gas elpiji 3kg, triplek, semen, besi baja, baja ringan) dan barang lainnya (air mineral, bawang putih, garam, obat-obatan dan lain sebagainya).

Sebagai informasi, KM Lognus 2 memiliki trayek T-19 dengan rute Merauke - Kokas - Sorong - Biak/Korido - Depapre/Jayapura - Sorong – Merauke. Wilayah-wilayah yang dilayari oleh KM Lognus 2 adalah wilayah untuk Papua bagian utara sampai Papua bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper