Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif GeNose Setara 1 Bungkus Nasi Warteg, Menhub: Bisa Rp15.000

Menhub Budi Karya menilai tarif tes Covid-19 menggunakan GeNose yang saat ini Rp20.000 bisa menjadi Rp15.000 jika dilakukan dalam skala besar di moda bus dan kereta api.
GeNose. /Kemenristek
GeNose. /Kemenristek

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim tarif tes Covid-19 menggunakan GeNose di moda transportasi bus dan kereta api bisa senilai Rp15.000 saja. Nominal tersebut setara dengan harga sebungkus nasi warteg di Jakarta.

Budi akan menerapkan GeNose, alat deteksi Covid-19, mulai 5 Februari 2021 untuk moda transportasi kereta api dan bus, masing-masing secara wajib dan acak. Adapun, GeNose adalah alat pendeteksi Covid-19 buatan Indonesia, yang diinisiasi oleh tim peneliti dari UGM.

"Dengan GeNose ini harganya hanya Rp20.000, apalagi kalau nanti dengan skala besar bisa lebih murah menjadi Rp15.000, jadi lebih terjangkau,” kata Budi dalam siaran pers, Senin (25/1/2021).

Budi menambahkan sudah memesan sebanyak 200 unit GeNose yang disebar di 44 titik stasiun di seluruh Jawa dan Sumatra.

Dia menuturkan sudah meminta Dirjen Perhubungan Darat untuk berkoordinasi dengan para Kadishub di seluruh Indonesia, jika nanti saatnya dilakukan pengecekan secara acak (random) dan seseorang dinyatakan positif maka yang bersangkutan tidak dibolehkan untuk berangkat.

Budi mengimbau kepada masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi bus agar tidak memaksakan diri untuk berangkat jika merasa tidak enak badan atau sakit, karena di terminal-terminal bus dilakukan pengecekan secara acak.

“Keinginan dari Bapak Presiden [Joko Widodo] yaitu untuk memastikan konektivitas itu tetap berjalan, tetapi protokol kesehatan juga dijalankan secara baik. Kita ingin semua masyarakat tertib dan membantu pemerintah untuk menjaga protokol kesehatan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa terminal pertama yang akan menggunakan GeNose adalah Terminal Pulo Gebang. Berdasarkan SE Satgas Penanganan, untuk masyarakat yang berpergian dengan bus itu sifatnya hanya random sampling.

“Untuk di Jakarta yang pertama kali dilaksanakan adalah di terminal Pulogebang, dan secara bertahap kita sudah pesan 100 alat GeNose yang akan segera kita distribusikan ke daerah-daerah,” kata Dirjen Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper