Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bio Farma: Belum Ada Keputusan Soal Pembelian Vaksin dari Pfizer

Para lansia rencananya mendapatkan suntikan vaksin sekitar Maret-April 2021, jika Pfizer dan AstraZaneca tiba di Tanah Air pada periode tersebut.
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer./Antara-Reuters
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin Covid-19 merek Pfizer yang terhubung dengan kematian serta alergi parah di beberapa negara baru-baru ini menjadi sorotan Indonesia sebagai salah satu negara yang melakukan negosiasi dengan penyedia vaksin buatan Amerika Serikat tersebut.  

Sekedar catatan, vaksinasi Pfizer di Norwegia menyebabkan kematian 29 orang seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg akhir pekan lalu. Pemerintah Amerika Serikat juga melaporkan 21 kasus alergi parah dari 14-23 Desember 2020 dari penyuntikkan vaksin tersebut.

Juru Bicara PT Bio Farma Persero Bambang Heriyanto mengatakan sebagai perusahaan yang ditunjuk pemerintah melakukan negosiasi dengan Pfizer. pihaknya terus menyoroti perkembangan proses vaksinasi global, termasuk KIPI di Norwegia dan Amerika Serikat.

"Kami saat ini masih terus memantau perkembangan terkait vaksin dan vaksinasi di dunia internasional. Tentunya, pemerintah akan mengutamakan kesehatan dan keselamatan seluruh masyarakat," ujar Bambang kepada Bisnis, Selasa (19/1/2021).

Sampai dengan saat ini, kata Bambang, proses pengadaan vaksin Covid-19 dengan pihak Pfizer masih on progress dan belum ada target terkait dengan waktu kedatangan.

"Belum ada keputusan final terkait dengan rencana pembelian vaksin dari Pfizer," sambungnya.

Kendati demikian, belum diketahui seberapa besar pengaruh KIPI di Norwegia dan Amerika Serikat tersebut terhadap proses negosiasi vaksin antara Indonesia dan Pfizer.

Perlu diketahui, korban meninggal dunia setelah mendapatkan vaksinasi Pfizer di Norwegia berusia di atas 80 tahun. Fakta tersebut tentunya perlu menjadi perhatian serius pemerintah.

Pada 12 Januari 2021, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan para lansia rencananya mendapatkan suntikan sekitar Maret-April 2021 jika Pfizer dan AstraZaneca tiba di Tanah Air pada periode tersebut.

“Kita harapkan kalau vaksin Pfizer dan AstraZeneca datang di bulan April, itu adalah vaksin yang memang sudah uji klinisnya digunakan untuk di atas 60 tahun,” kata Budi saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper