Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Token Listrik PLN Gratis Diperpanjang, Begini Cara Klaim Mulai 7 Januari 2021

Dikutip dari Instagram PLN, pemerintah melanjutkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Sektor Ketenagalistrikan. Salah satunya pemberian token listrik gratis untuk beberapa kalangan.
Petugas PLN melakukan pemeriksaan listrik dengan protokol kesehatan. Istimewa/PLN
Petugas PLN melakukan pemeriksaan listrik dengan protokol kesehatan. Istimewa/PLN

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kini memperpanjang subsidi listrik hingga Maret 2021. Token listrik gratis dan diskon daya listrik ini bisa diklaim mulai Kamis, 7 Januari 2021.

Perpanjangan kebijakan stimulus sektor Ketenagalistrikan ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo dalam rapat terbatas pada 28 Desember 2020 bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Dikutip dari Instagram PLN pada Selasa (5/12/2020), pemerintah melanjutkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Sektor Ketenagalistrikan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Diskon 100 persen tarif listrik diberikan kepada golongan rumah tangga daya 450 VA, UMKM golongan bisnis kecil daya 450 VA, dan golongan industri kecil daya 450 VA. Kemudian diskon 50 persen bagi golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi.

2. Pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum untuk golongan sosial, bisnis, industri daya 1.300 VA ke atas, dan juga golongan layanan khusus.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen untuk golongan sosial daya 220 VA, 450 VA, dan 900 VA serta golongan bisnis dan industri daya 900 VA.

4. Pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum bagi pelanggan Golongan Layanan Khusus disesuaikan dengan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).

Untuk mendapatkan token listrik gratis sesuai dengan ketentuan di atas, Anda bisa klaim melalui website, layanan WhatsApp, dan juga bantuan kecamatan, atau desa.

Dikutip melalui Instagram pln123_official dan pln_id pada Senin (7/12/2020), token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara:

1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2. Masukkan ID pelanggan/nomor meter.
3. Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar.
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Selain itu untuk lebih mempermudah mendapatkan token listrik, PLN juga menyediakan layanan WhatsApp dengan cara:

1. Buka aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Bagi pelanggan yang berada di daerah terpencil, PLN juga bekerja sama dengan pemerintah setingkat kecamatan, desa, kelurahan untuk memastikan Program Stimulus Covid-19 diterima seluruh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper