Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Sowan ke Petinggi Bank Dunia, Ini yang Dibicarakan

Sandiaga Uno mengharapkan pariwisata dapat bangkit pada 2021.
Sandiaga Uno./istimewa
Sandiaga Uno./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno melakukan pertemuan informal dengan pendahulunya yang kini menjabat sebagai World Bank Managing Director of Development Policy and Partnerships Mari Elka Pangestu.

Pertemuan Sandiaga dengan Mantan Menteri Pariwisata era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu membahas masa depan pariwisata Indonesia sekaligus kolaborasi dengan lembaga yang dipimpin Mari Elka.

"Alhamdulillah hari ini saya terhubung dengan Manajer Direktur World Bank, Ibu Mari Pangestu yang kebetulan juga menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada kabinet sebelumnya. Kita diskusi mengenai fokus ke depan, quality dan sustainable tourism," kata Sandi seperti dilansir Antara, Sabtu (2/1/2021).

Menurut dia, dialog ini sekaligus menjajaki kolaborasi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dengan Bank Dunia.

Dalam pertemuan itu sejumlah penekanan disampaikan seperti perubahan fokus pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masa depan, yakni dari semula kuantitas dan pariwisata massal ke arah peningkatan kualitas dengan pariwisata yang berkelanjutan.

Selain itu, penciptaan lapangan kerja lewat pariwisata dan ekonomi kreatif dengan pendekatan berbasis data.

"Pengembangan bisa dilihat dari indikator kualitas lainnya, seperti spending, kunjungan yang tidak merusak lingkungan yang berbasis alam, dan tatanan sosial dan sebagainya. Juga pola pariwisata ke depan tentunya akan berubah di tempat yang tidak banyak orang, seperti ecotourism, sport tourism, bersifat hibrid, mungkin menggunakan teknologi, platfom virtual," kata Sandi.

Selain itu pengembangan wisata akan dilakukan berbasis lokasi yang harus kita tingkatkan kesiapannya, serta berbasis pengalaman story telling dengan destinasi-destinasi yang dikelola dengan baik. "Dan akhirnya yang tidak menimbulkan kerumunan yang tidak aman dan nyaman," katanya.

Sandi juga mengungkapkan dirinya akan berfokus untuk memperbaiki kawasan termasuk akses menuju destinasi pariwisata.

Penyempurnaan kawasan pariwisata tersebut katanya juga sudah dikoordinasikan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basuki Hadimuljono, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

"Dari segi kesehatan kami sepakat dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menerbitkan SKB, agar sektor pariwisata ini bisa masuk kepada kualitas aman dan nyaman untuk pariwisata berbasis medis ataupun lainnya," kata Sandi.

Pembahasan sampai pada tingkat detail seperti crew ship maupun yacht, juga akses jalan darat. “Dan pariwisata yang berbasis berkelanjutan, aspek ekonomi digital, dan kreatifnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper