Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reshuffle Kabinet 2020, Harapan Maskapai untuk Menparekraf Baru

INACA berpendapat tugas utama Menparekraf yang baru ditunjuk dalam reshuffle kabinet 2020 adalah untuk mendatangkan kembali investasi di sektor pariwisata.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno./istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menilai tantangan dan tugas baru Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru tidak terlepas dari pemulihan industri pariwisata serta mendatangkan kembali investasi di sektor ini.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja menilai dari sisi profil, terpilihnya Sandiaga S. Uno sudah sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo membangun destinasi wisata prioritas. Denon menggambarkan sosok Sandiaga yang banyak berkecimpung sebagai pebisnis memiliki kemampuan menarik investor di bidang pariwisata guna membangun daerah-daerah pariwisata.

“Mas Sandi dari background-nya keuangan dan bisnis yang dari harapan pemerintah untuk mengundang investor. Kalau banyak investasi di industri dan nilainya menarik kemudian tentu bisa memberikan rute pengembangan baru yang mulai terbuka buat industri penerbangan,” ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Denon menegaskan sebagai Menparekraf yang baru, Sandiaga juga akan lebih mudah mengimplementasikan visi dari Presiden yang sudah jelas sangat mendukung pembangunan lima destinasi prioritas, di antaranya, Labuan Bajo, Likupang, Danau Toba, Mandalika, serta Borobudur.

Namun di sisi lain dia juga menyebutkan tantangan sebagai menteri yang baru memang tidak akan lepas dari mengendalikan industri pariwisata yang paling terdampak pandemi. Investor yang masuk ke sektor ini akan difokuskan memiliki kesepakatan bisnis yang menguntungkan dan mendukung pengembangan Indonesia.

“Tentunya memang pertama harus merecovery kondisi covid-19 . Sejauh ini visi era pak Jokowi cetak birunya jelas. Ada lima daerah unggulan. Jadi dari Wishnu Utama ke Sandiaga Uno sifatnya meneruskan aja dari visi Presiden. Artinya bukan berarti ganti menteri lalu visi Presiden harus ganti,” tekannya.

Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan perombakan kabinet Indonesia Maju Salah satu sosok yang diangkat adalah Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper