Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singkat! Hanya Enam Menit Pengumuman Reshuffle Kabinet Jokowi 2020

Presiden Jokowi hanya menghabiskan waktu 6 menit untuk mengumumkan nama 6 menteri yang mengisi posisi baru di Kabinet Indonesia Maju.
Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet Indonesia Maju 2020. Nama yang  paling pertama dipanggil adalah Tri Rismaharini (mengenakan baju biru)./tangkapan layar di Youtube
Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet Indonesia Maju 2020. Nama yang paling pertama dipanggil adalah Tri Rismaharini (mengenakan baju biru)./tangkapan layar di Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk menyampaikan reshuffle Kabinet Indonesia Maju, sekaligus memperkuat posisi pemerintahan selama pandemi Covid-19.

Pengumuman reshuffle kabinet 2020 berlangsung sangat singkat, hanya 6 menit. Terdapat juga 6 kursi kosong yang  disediakan untuk 6 menteri. Tiga di sisi kanan Presiden Jokowi dan tiga kursi di sisi Wapres Ma’ruf Amin.

Alat pengeras suara berada di tangan kanan Jokowi digenggam erat dan ada secarik kertas di tangan kirinya. Jokowi duduk dan memanggil nama menteri kabinet Indonesia Maju.

Nama yang paling pertama dipanggil adalah Tri Rismaharini yang duduk di sisi kanan Presiden Jokowi. "Tri Rismaharini kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ungkap Jokowi, Selasa (22/12/202020).

Risma duduk tepat di sisi kanan Jokowi. Risma dikenal dengan sosok yang tegas dan cekatan saat menjadi Wali Kota Surabaya.

Nama kedua yang dipanggil adalah Sandiaga Salahudin Uno. Sandi muncul dari sisi kiri dan duduk di sebelah Ma'ruf Amin. Sandiaga menjadi Menparekraf.

Nama ketiga yang dipanggil adalah Budi Gunadi Sadikin. Budi pernah menjadi Dirut Bank Mandiri,Inalum dan menjabat sebagai Wamen BUMN. Budi Gunadi Sadikin duduk tepat di samping Risma.

"Sekarang kita diberikan tanggung jawab memimpin Kementerian kesehatan," ungkapnya Jokowi ke arah Budi.

Nama keempat yang  dipanggil Jokowi adalah Yaqut Cholil Qoumas untuk mengisi komposisi Kementerian Agama. Yaqut merupakan tokoh muslim sekaligus Ketua PP Gerakan Pemuda Ansor. Dia duduk di samping Sandiaga Uno.

Nama kelima yang dipanggil adalah Sakti Wahyu Trenggono. Sakti kini memegang jabatan sebagai Wamen Pertahanan yang mendampingi Prabowo. Sakti duduk di samping Budi.

Kini Sakti mengemban jabatan baru sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo yang ditangkap oleh KPK. Sebelumnya, Sakti sempat menjadi mantan Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf. 

Nama keenam adalah Muhammad Lutfi yang  pernah menjabat sebagai kepala BKPM,, Dubes Indonesia  untuk Jepang dan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat.

Jokowi mengungkapkan bahwa pelantikan menteri baru akan dilakukan pada Rabu (22/12/2020) pagi. “Pelantikan akan dilaksanakan besok pagi,” ungkapnya.

Saat pengumuman reshuffle kabinet Jokowi 2020 berlangsung, keenam menteri yang  baru ditunjukkan kompak menggunakan outer berwarna biru muda, untuk menciptakan  kesan sporty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper