Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengetatan Libur Nataru, Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Kuartal IV Minus 2,9 Persen

Sejumlah pengetatan yang dilakukan pemerintah pada momentum libur Natal dan tahun baru menjadi salah satu penahan pemulihan ekonomi.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal terakhir tahun ini akan mengalami kontaksi -2,9 persen hingga -0,9 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sejumlah pengetatan aktivitas yang dilakukan pemerintah pada momentum libur Natal dan Tahun Baru akan menjadi salah satu penahan pemulihan ekonomi, sehingga diproyeksikan pertumbuhan pada kuartal IV/2020 akan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

"Pada 2 minggu terakhir ini di satu sisi ada harapan terjadinya travelling, tapi karena kenaikan dari Covid-19, kemudian terjadi beberapa langkah untuk pengamanannya, mungkin akan menjadi salah satu penahan dari momentum pemulihan di kuartal IV ini," katanya, Senin (21/2/2020).

Sri Mulyani mengatakan pemulihan ekonomi yang masih akan berjalan lambat pada kuartal keempat tercermin dari konsumsi yang diperkirakan masih akan terkontraksi -3,6 persen hingga -2,6 persen.

"Sehingga kuartal IV sedikit lebih baik dari kuartal ketiga, namun belum bisa mencapai level positif karena ada langkah-lagkah untuk menahan penyebaran Covid-19," jelasnya.

Adapun untuk keseluruhan tahun ini, Sri Mulyani memperkirakan ekonomi akan terkontraksi sebesar -2,2 persen hingga -1,7 persen.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, pemerintah memperkirakan ekonomi tahun ini antara -1,7 persen hingga -0,6 persen.

"Untuk bulan ini kami merevisi menjadi -2,2 persen sampai -1,7 persen," katanya. Dia meyakini, pemulihan ekonomi Indonesia akan terus membaik sehingga akan mencapai pertumbuhan 5 persen pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper