Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Properti Asia Pasifik 2021 Diprediksi Naik 20 Persen

Investasi properti di Asia Pasifik pada tahun depan diprediksi meningkat 15 persen hingga 20 persen dengan dipimpin oleh China daratan, Jepang, dan Korea Selatan, menurut JLL.
Perkantoran dan properti komersial di Gangnam, Seoul, Korea Selatan./Bloomberg/Seong Joon Cho
Perkantoran dan properti komersial di Gangnam, Seoul, Korea Selatan./Bloomberg/Seong Joon Cho

Bisnis.com, JAKARTA – Investasi real estat di Asia Pasifik berpotensi meningkat 15–20 persen pada 2021, dipimpin Asia Utara dan Timur, karena investor mencari aset dengan stabilitas pendapatan, kata konsultan real estat JLL.

JLL melihat 2021 menandai dimulainya siklus baru pertumbuhan real estat Asia Pasifik, dengan minat investor yang meningkat terutama untuk logistik dan aset alternatif seperti pusat data dan properti sewa multi-keluarga atau perumahan.

Dalam Asia Pacific Real Estate Outlook 2021 pada Jumat (18/12/2020) malam WIB di Singapura, JLL juga memperkirakan investasi hotel, ritel, dan perkantoran juga meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi dari dampak Covid-19.

Meskipun transaksi real estat komersial turun 28 persen dalam tiga kuartal pertama 2020, penurunan melambat setelah paruh pertama dan itu merupakan tanda yang menggembirakan, kata JLL.

Transaksi di Jepang, China daratan, dan Korea Selatan menyumbang sekitar 75 persen aktivitas di kawasan ini pada 2020, dan JLL memperkirakan pasar wilayah tersebut melanjutkan dominasinya pada 2021.

Sementara itu, ketika beberapa perjalanan intra-Asia Pasifik dilanjutkan pada 2021, arus investasi lintas batas diharapkan berkontribusi pada pemulihan di Australia, China daratan, dan Singapura.

Dengan tingkat pengembalian yang rendah, lingkungan suku bunga rendah yang diharapkan dalam beberapa tahun mendatang, ketidakpastian pertumbuhan akan membuat imbal hasil tinggi, aset dengan pertumbuhan rendah lebih menarik, kata laporan itu.

"Jika keraguan terus membayangi sewa komersial dan nilai modal naik, investor cenderung lebih fokus pada hasil tunai, di mana logistik mengungguli kantor di sebagian besar pasar di Asia," ungkap JLL.

Lebih banyak modal juga diharapkan untuk digunakan dalam investasi oportunistik dan bernilai tambah. Real Estate Investment Trust (REITs) dapat terus tumbuh melalui akuisisi, dengan JLL mengharapkan 2021 "menjadi tahun rekor lain untuk modal keluar dari Singapore REITs".

Peningkatan transaksi pada 2021 juga berarti perubahan harga. "Kami mengharapkan kompresi hasil lebih lanjut untuk logistik, pusat data, dan aset ritel kebutuhan," ungkap JLL

Pandemi tersebut memicu pergeseran untuk bekerja dari rumah, tetapi JLL tetap optimistis dengan peran kantor.

JLL memang memprediksi bahwa penurunan volume sewa kantor kemungkinan akan meningkat hingga 2021, dengan secara umum datar dengan level tahun ini. Namun, akan ada pergeseran ke arah ruang yang lebih berkualitas, dengan perkiraan 40 persen ruang kantor Asia Pasifik memerlukan renovasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : The Business Times
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper