Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah 64 Persen, Tembus Tol Jakarta-Cikampek

Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) dilaporkan sudah mencapai 64 persen usai memasuki tahap konstruksi tunnel 1 atau menembus struktur terowongan Tol Jakarta-Cikampek.
Pembangunan pier head Kereta Cepat Jakarta Bandung yang terletak di samping ruas jalan tol Jakarta-Cikampek
Pembangunan pier head Kereta Cepat Jakarta Bandung yang terletak di samping ruas jalan tol Jakarta-Cikampek

Bisnis.com, JAKARTA - Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) memasuki tahap konstruksi tunnel 1 atau menembus struktur terowongan yang terbentang sepanjang 1,8 kilometer, melintang di bawah Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra menyampaikan penembusan tersebut merupakan hasil sinergi dan kolaborasi dua negara untuk menghadirkan kereta cepat ke Indonesia. Lebih lanjut, Chandra menambahkan bahwa tuntasnya pekerjaan Tunnel #1 mendorong progres konstruksi hingga mencapai persentase 63,9 persen.

“Di lapangan, angka ini merepresentasikan 5 tunnel yang telah ditembus. Dengan demikian, progress pekerjaan tunnel telah mencapai 74.94 % dari total panjang seluruh tunnel kereta cepat yakni 16km.” ujarnya, Selasa (15/12/2020).

Chandra juga menyebutkan bahwa setelah Tunnel #1, dalam kurun waktu dua bulan kedepan akan terdapat dua tunnel kereta cepat yang akan tertembus. Sejalan dengan hal tersebut, pada konstruksi struktur elevated, 1.741 batang pier telah berdiri di sepanjang lintasan Jakarta–Bandung dan siap untuk dihubungkan. Disisi lain, lebih dari 12.000 batang rel kereta cepat dengan panjang masing – masing 50 meter, juga tengah memasuki proses pengiriman dari China secara bertahap.

“Salah satu fokus kami dalam menghadirkan sebuah moda transportasi massal modern bagi masyarakat Indonesia, yang diharapkan mampu mengubah paradigma dan perilaku masyarakat dalam menggunakan transportasi publik di masa mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dengan tembusnya Tunnel #1 KCJB menunjukkan kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam konstruksi proyek ini berjalan dengan baik.

“Hanya dengan team work yang kuatlah, kita semua bisa mewujudkan transportasi mobile modern yang kelak membanggakan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi China (Vice Chairman of NDRC) Ning Ji Zhe dalam pidatonya yang disampaikan secara virtual juga mengatakan hal serupa. Menurutnya dengan dukungan dua negara, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung terus memberikan kabar baik dengan Sederet pencapaian konstruksi telah tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper