Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 Capai Rp3,1 Miliar

Transaksi pembelian produk-produk UMKM peserta BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 dari belanja online melalui Indonesia Mall dan pre-order meningkat signifikan dari Rp1,1 miliar pada 2019, meningkat hampir 3 kali lipat menjadi Rp3,1 miliar di tahun ini.
Peraih penghargaan dalam pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020/ist
Peraih penghargaan dalam pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020/ist

Bisnis.com, JAKARTA – Penyelenggaraan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 yang digelar secara hybrid tidak mengurangi antusiasme masyarakat terhadap pameran yang digelar pada 1—15 Desember 2020 itu.

Sunarso, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., mengatakan bahwa pengunjung virtual yang menyaksikan pameran secara daring mencapai 104.755 orang. Selain itu, masih ada ratusan pengunjung yang datang langsung ke gelaran tersebut dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Transaksi pembelian produk-produk UMKM peserta BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 dari belanja online melalui Indonesia Mall dan pre-order meningkat signifikan dari Rp1,1 miliar pada 2019, meningkat hampir 3 kali lipat menjadi Rp3,1 miliar di tahun ini,” katanya.

Seperti diketahui, BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 dilakukan secara virtual melalui www.brilianpreneur.com dan juga dapat disaksikan secara langsung di JCC-Jakarta dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di tengah adaptasi kenormalan baru.

Sunarso menuturkan, pameran tersebut berhasil memfasilitasi kontrak pembelian barang UMKM senilai US$57,5 juta dengan melibatkan 99 calon pembeli dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Australia.

Angka tersebut meningkat 74% dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu yang sebesar US$33 juta.

“Para buyers yang didatangkan secara virtual oleh BRI dari mancanegara berhasil menandatangani 74 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar US$57,5 juta,” ujarnya.

Adapun UMKM yang berhasil mendapatkan kontrak untuk ekspor itu antara lain Els Coffee, Bluberry Guitars, Digidoy, Lampu Runa, JC’s Pottery, Indo Risakti, Abon Cap Koki, Wastraloka, Siger Jaya Abadi, Galeri Alekot, Wisanka dan lainnya.

Keberhasilan pencapaian BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini tidak terlepas dari upaya perusahaan mempromosikan produk-produk UMKM yang mengikuti ajang pameran itu. Untuk mengenalkan berbagai produk UMKM layak ekspor, BRI melakukan promosi pameran tersebut ke 17 negara.

Selain mengikuti pameran hybrid dan berbagai pelatihan, UMKM peserta BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 juga berkesempatan mengikuti tiga kompetisi yang diadakan BRI.

Ada tiga penghargaan yang diberikan bagi para peserta BRILIANPRENEUR 2020, yakni Best UMKM Expo, Best Business Matching, dan Pengusaha Muda BRILian 2020. Setelah melalui proses penilaian yang ketat, telah terpilih masing-masing tiga pemenang dari tiap kategori.

Untuk kategori Best UMKM Expo, pemenang yang terpilih adalah Kata Oma, Restu Mande, dan Kultiva.co. Kemudian, pemenang penghargaan Best Business Matching adalah PT Arung Jaya Perdana, PT Pelangi Indonesia, dan PT SUNandSAND.

Terakhir, Naruna Ceramics (Semarang), Havila Tea (Bandung), dan Munofolk (Bandung) terpilih sebagai peraih penghargaan program akselerasi bisnis BRI, yakni Pengusaha Muda BRILiaN 2020.

“Seluruh pencapaian tersebut sesuai dengan amanat Presiden pada saat opening ceremony, bahwa di masa pandemi ini, UMKM harus tetap termotivasi untuk lebih kreatif dan mampu menampilkan produknya secara lebih menarik melalui cara baru yang inovatif,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada pembukaan BRILIANPRENEUR 2020 (10/12) menyebut pandemi menuntut kita untuk lebih kreatif, termasuk UMKM. UMKM harus mampu menampilkan produknya yang lebih menarik dan melalui cara baru yang inovatif.

“Saya melihat akhir tahun banyak pameran yang diselenggarakan oleh kementerian dan lembaga atau institusi, tapi saya ingatkan agar pameran-pameran ini harus mampu meningkatkan transaksi dan volume ekspor dari UMKM kita," ujarnya.

BRI juga berkomitmen untuk terus menggelar acara serupa demi mendorong lebih banyak lagi pelaku UMKM Indonesia yang bisa naik kelas dan mendunia. Perkembangan UMKM menjadi kunci agar pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kondisi perekonomian Indonesia bisa berjalan lebih cepat.

“Bank BRI berkomitmen akan tetap menggelar acara yang sama, dengan menargetkan lebih banyak UMKM lokal yang terlibat dan lebih banyak potential buyers yang datang dari luar negeri untuk mendorong UMKM Indonesia go global di tingkat internasional,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper