Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

63 Tahun Pertamina, Ini Kontribusinya

Pertamina mencatat terdapat 10 poin penting sepanjang perjalanannya.
Mobil tanki Pertamina siap menyalurkan pasokan BBM di Sumbagsel. istimewa
Mobil tanki Pertamina siap menyalurkan pasokan BBM di Sumbagsel. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Tepat pada Kamis (10/12/2020), PT Pertamina (Persero) menginjak pada usia 63 tahun. Selama perjalannya, perusahaan pelat merah tersebut telah berkontribusi seberapa besar untuk negeri?

Pertamina telah menjadi perusahaan migas nasional yang berjalan dengan segala inisiatif bisnis dan penugasan-penugasan yang diemban kan pemerintah. Perseroan mencatat terdapat 10 poin penting sepanjang perjalanannya.

  • Pertamina telah menjalankan program mandatori energi dengan tetap berkomitmen menjalankan program mandatori pemerintah dengan menyalurkan BBM dan LPG subsidi di seluruh Indonesia, termasuk 243 titik BBM 1 Harga di daerah 3T untuk energi berkeadilan.
  • Lebih dari enam dekade, Pertamina telah menciptakan lapangan kerja dan ekosistem baru di dunia migas dengan melibatkan sejumlah industri dalam setiap pelaksanaan proyek.
  • Untuk mewujudkan visi untuk menjadi salah satu perusahaan energi global, Pertamina telah melakukan restrukturisasi bisnis dengan menjadi holding migas dengan tujuan menciptakan ruang gerak yang lebih cepat dan fokus.
  • Selain itu, Pertamina memiliki berkomitmen menjamin ketahanan dan ketersediaan energi nasional. Saat ini, tingkat produksi migas domestik dan internasional Pertamina tercatat mencapai 862 MBOEPD.
  • Adapun, guna memastikan produk BBM dan gas dapat dinikmati rakyat Indonesia, kegiatan distribusi dimulai dari pengelolaan stok nasional yang baik didukung pemanfaatan time to buy yang tepat dan efisien.
  • Di sisi lain, sumber daya alam domestik dengan potensi yang besar, menjadi salah satu hal yang dikembangkan Pertamina untuk memastikan kedaulatan energi dalam negeri.
  • Sebagai BUMN, Pertamina turut menjalankan tugasnya sebagai perusahaan bisnis yang memberi dividen kepada pemegang saham yakni pemerintah Indonesia.
  • Pertamina juga berupaya meningkatkan keterbukaan informasi kepada masyarakat dan memastikan pengelolaan perusahaan dijalankan secara profesional.
  • Saat ini, terdapat 64.000 UMKM yang telah bergabung menjadi mitra binaan sejak 1993, sebanyak Rp443 miliar telah disalurkan sebagai dana program kemitraan pada 2020.
  • Penanganan pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia sejak awal 2020 turut menjadi salah satu fokus dari Pertamina sepanjang tahun ini. Pertamina turut membantu pemerintah dalam penangangan pandemi antara lain dengan telah mengalihfungsikan aset berupa hotel, perkantoran, dan wisma sebagai safe house pasien Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper