Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Distribusi Vaksin Covid-19, Pelni Optimalkan Jalur Tol Laut

Pelni mengaku siap untuk melaksanakan distribusi vaksin Covid-19 dengan mengoptimalkan jalur Tol Laut.
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nusantara (Persero) atau Pelni akan melakukan optimalisasi jalur laut termasuk dari armada kapal barang, penumpang hingga trayek tol laut dalam penugasan pendistribusian vaksin Covid-19.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan kesiapan armada akan disesuaikan bergantung dengan lokasi distribusi. Menurutnya jika nantinya memang ada trayek yang juga bisa dilalui oleh tol laut tentu bisa lebih dioptimalkan.

Selain itu, opsi lainnya bisa juga menggunakan kapal penumpang yang mengangkut kontainer. Terlebih dengan proses pendistribusian vaksin yang memerlukan penanganan khusus pada suhu tertentu. Armada Pelni telah memiliki reefer container atau peti kemas perpendingin sebagai opsinya.

“Kami siap kalau ada penugasan apapun akan mendukung. Terkait dengan kondisi vaksin sudah ada pembahasan tetapi lokasi belum masih dalam pembicaraan. Tapi memang kami sudah mendapat informasinya,” ujarnya, Senin (7/12/2020).

Hingga triwulan III/2020 kinerja kapal barang pada triwulan III/2020 naik 230 persen menjadi 2.370 Teus dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 725 Teus.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro menambahkan kinerja kapal barang di triwulan III/2020 juga mengalami kenaikan sebanyak 530 TEUs atau naik sebesar 29 persen dari 1.840 TEUs di triwulan II/2020 dengan dua trayek yang padat muatan.

Saat ini rute tol laut sebagai proyek penugasan sudah sesuai dengan yang ditetapkan dan jadwal tetapi jika muatan masih ada yang kosong di kapal tol laut dan waktunya sudah harus berangkat kapalnya maka boleh diisi barang komersial. Traif yang diisi menggunakan barang komersial akan berbeda dengan tarif tol laut.

Fungsi komersial biasanya dipenuhi untuk muatan baliknya agar memenuhi okupansi, karena hanya muatan berangkat tol laut yang penuh dengan barang.

Saat ini trayek penugasan Pelni dari tol laut sebanyak 8 trayek yang terdiri atas 3 homebase yakni Bitung, Tanjung Priok dan Tanjung Perak. Yahya pun mendorong Pemda yang memiliki tol laut, agar dapat membuka potensi yang dimiliki supaya dapat menambah suplai Tol Laut seperti pada rute Morotai –Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper