Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal Kontainer Patimban Beroperasi Maret 2021, Operatornya Siapa?

KSOP Kelas II Patimban menargetkan terminal kontainer di Pelabuhan Patimban akan beroperasi pada Maret 2021.
Kepala KSOP Kelas II Patimban Anwar menjawab pertanyaan wartawan di Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12/2020). /Bisnis-Rinaldi M. Azka
Kepala KSOP Kelas II Patimban Anwar menjawab pertanyaan wartawan di Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12/2020). /Bisnis-Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, SUBANG - Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat akan mulai beroperasi bulan depan yang difokuskan pada terminal kendaraan alias car terminal. Sementara terminal kontainer ditargetkan beroperasi pada Maret 2021.

Kepala KSOP Kelas II Patimban Anwar menuturkan pelaksanaan terminal kontainer masih sesuai jadwal yakni pada kuartal I/2020. Sebagai pelaksana operator sementara, pihaknya, sangat bergantung terhadap proses pemilihan operator.

"Pengelolaan kami bergantung proses di Kemenhub pemilihan operatornya. mungkin sudah selesai tetapi kan ada proses negosiasi financial call dan lain-lain. Untuk terminal kontainer semua ini sedang disiapkan prosesnya [Maret 2021]," ujarnya di Pelabuhan Patimban, Kamis (4/12/2020).

Dia melanjutkan pengelolaan terminal kontainer yang ditargetkan beroperasi pada Maret 2021 bergantung pada hasil lelang operator. Menurutnya, jika operator sudah terpilih akan dilakukan oleh mereka, tetapi jika belum, KSOP akan menjadi pengelola sementara.

"Kalau operator sudah, bisa ya sama dia, kalau belum ya sama KSOP dahulu sementara. Mungkin akan kerja sama dengan tenaga lain yang berpengalaman menangani kargo kontainer," terangnya.

Di sisi lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan pada awal 2021 Patimban akan dalam melayani pengiriman domestik dan ekspor impor kendaraan. Dia menargetkan bongkar muat kontainer akan mulai dilakukan antara Februari atau Maret 2021.

"Apa yang dilakukan di Patimban awalnya adalah bangun car terminal, tapi di masa mendatang bahkan Februari nanti akan mulai ada kontainer dijalankan di sana. Jadi Desember ini car dulu, Februari atau Maret akan mulai kontainer, meski tak besar kapasitasnya," lanjutnya.

Adapun kapasitas pelayanan bongkar muat kontainer di Pelabuhan Patimban sudah selesai dibangun pada tahap pertama dengan kapasitas 250.000 TEUs per tahun. Kemudian bertahap pembangunan dilakukan untuk mendapatkan kapasitas 7,5 juta TEUs per tahun.

"Untuk kami sampaikan bahwa memang untuk sementara operator yang ditunjuk yang nantinya akan dikawal secara baik oleh panel dan juga dengan pengacara negara dari Kejaksaan, yang Insya Allah telah final pada bulan April [2021], sementara ini akan dikelola oleh KSOP," urainya.

Sementara itu, kapasitas terminal kendaraan alias car terminal di Pelabuhan Patimban ada sekitar 218.000 CBU per tahun yang sudah siap dioperasikan. Lalu akan bertahap dibangun menjadi kapasitas penuh 600 ribu CBU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper