Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Baik! Pesawat N219 Prototipe I Lulus Uji Terbang Akhir

Pesawat N219 Nurtanio Prototipe I berhasil lulus menjalani uji selama 3 hari di Bandara Nusawiru, Pangandaran. Kini, pesawat hasil pengembangan karya Anak Bangsa itu tinggal selangkah lagi mendapatkan Sertifikat Tipe yang ditargetkan akhir 2020 ini.
N219 Nurtanio Prototipe 1 (PD1) setelah uji terbang di Bandara Nusawiru, Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). /LAPAN
N219 Nurtanio Prototipe 1 (PD1) setelah uji terbang di Bandara Nusawiru, Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). /LAPAN

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat N219 Nurtanio Prototipe I berhasil lulus menjalani uji selama 3 hari di Bandara Nusawiru, Pangandaran. Kini, pesawat hasil pengembangan karya Anak Bangsa itu tinggal selangkah lagi mendapatkan Sertifikat Tipe yang ditargetkan akhir 2020 ini.

Agus Aribowo, Kepala Program Pesawat Transport Nasional pada Pusat Teknologi Penerbangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pustekbang-Lapan), menjelaskan selama 3 hari, Selasa-Kamis (1-3/12/2020), telah dilakukan uji terbang sebanyak 6 sortie.

"Kabar baik bagi Indonesia, semua urutan tes telah lulus 100 persen," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan pers Lapan, Jumat (4/12/2020).

Uji terbang, yang kali ini diawaki oleh pilot dan flight test engineer (FTE) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebagai ujian akhir alias final exam dan validasi atas semua uji terbang yang telah dilalui oleh tes pilot dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI) saat proses uji terbang pengembangan maupun sertifikasi selama ini.

Sebelumnya, Pesawat N219 Prototipe I telah menjalani uji sampling, seperti stall speed determination, vibration and buffeting, one engine inoperative, in flight engine start, take-off and landing distance determination. Hal yang sama juga telah dijalani Pesawat N219 Prototipe II.

Akan tetapi, Pesawat N219 Prototipe II baru dijadwalkan untuk menjalani uji terbang akhir oleh pilot dan FTE Kemenhub pada Kamis-Sabtu (10--12/12/2020) di Bandung. Mereka akan menguji sistem alat pendaratan alias instrument landing system (ILS), hingga penerbangan malam.

Setelah semua uji kedua pesawat prototipe itu lulus, selanjutnya akan diadakan final Type Certification Board Meeting (TCBM) untuk menentukan Type Certificate Data Sheet (TCDS) sebagai lampiran Sertifikat Tipe untuk N219 Nurtanio yang dijadwalkan lulus di akhir 2020.

Pesawat N219 Nurtanio adalah nama yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada acara perayaan Hari Pahlawan 2020.

Nurtanio diambil dari nama seorang Marsekal Muda Udara Nurtanio Pringgoadisuryo. Ia adalah perintis industri penerbangan Indonesia. Bersama Wiweko Soepono, Nurtanio membuat pesawat layang Zogling NWG pada 1947.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper