Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bidik Pasar Pengiriman Barang Jumbo, Paxel Gandeng Blue Bird

Paxel bekerja sama dengan Blue Bird untuk menyasar segmen pasar baru yang potensial berukuran 5 Kg hingga 20 Kg.
Pengemudi mengoperasikan taksi listrik Bluebird di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Senin (22/4/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Pengemudi mengoperasikan taksi listrik Bluebird di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Senin (22/4/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan jasa kurir Paxel bekerja sama dengan Blue Bird Grup mengeluarkan produk pengiriman barang same day dalam kota berukuran 5 Kg hingga 20 Kg. Diharapkan produk yang dinamai PaxelBig ini dapat meraih pengiriman hingga 200.000 kiriman per hari.

Co-Founder Paxel Zaldi Ilham Masita menuturkan layanan ini muncul setelah beberapa survei pelanggan meminta adanya layanan pengiriman yang dapat menampung lebih berat dari 5 Kg dengan tetap mengedepankan kecepatan sampai di hari yang sama (sameday service).

"Sebelum pandemi, pada 2019, rata-rata pergerakan barang di e-commerce itu geraknya di bawah 2 kg, sebagian besar ini sekitar 85 persen. Begitu Covid-19 ini, mulai Maret 2020 ukuran berat barang naik drastis, pangsa pasar 5-20 Kg makin lama makin besar," jelasnya Rabu (2/12/2020).

Dia menerangkan sebelumnya barang-barang berukuran besar ini diurus oleh layanan antarperusahaan (BtoB), kini layanan pengiriman ukuran jumbo ini sudah masuk ranah perusahaan ke pelanggan (BtoC).

"Kami sangat yakin secara besar itu bisa sampai sekitar 100.000-200.000 paket per hari. Sekarang ini juga secara potensi masih sangat besar karena belum ada jasa khusus yang melayani 5 hingga 20 Kg. Kalaupun ada harus diantar dan dijemput, tidak diambil langsung di rumah," ujarnya.

Dia menaruh harapan besar produk Paxelbig ini dapat memberi solusi pengiriman barang berukuran besar dan membuka potensi ekonomi baru bagi UMKM.

Pada fase pertama peluncuran PaxelBig, layanan ini berlaku untuk corporate customer dengan rute dalam dan luar kota Jadetabek – Bandung. Sedangkan pada fase kedua, PaxelBig akan terintegrasi di aplikasi Paxel sehingga bisa dinikmati oleh retail customer lain dengan cakupan wilayah yang lebih besar.

PaxelBig melayani penjemputan dan pengantaran paket ke tujuan, serta memberikan opsi pengiriman same day dan next day delivery dengan harga sangat terjangkau mulai dari Rp30.000.

Chief Strategic Officer PT Blue Bird Tbk Paul Soegianto menuturkan pandemi memberikan dampak yang begitu besar di kehidupan masyarakat saat ini, termasuk perubahan pola perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terbatasnya aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah menjadikan sarana pengantaran logistik sebagai andalan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan dasar.

“Dengan keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan melalui program PaxelBig, kami optimis program ini dapat diterima dengan sangat baik oleh masyarakat dengan tetap dapat melakukan pemenuhan kebutuhannya dari rumah meskipun harus menerapkan protokol social distancing yang dicanangkan pemerintah,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper