Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Depan, Banyak Maskapai Kembalikan Pesawat ke Lessor

PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. memprediksi banyak maskapai yang melakukan redelivery pesawat kepada lessor pada tahun depan seiring dampak pandemi Covid-19.
Petugas Garuda Indonesia Maintenance Facilities (GMF AeroAsia) memeriksa hidrolik pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 - 300ER./Antara-Muhammad Iqbal
Petugas Garuda Indonesia Maintenance Facilities (GMF AeroAsia) memeriksa hidrolik pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 - 300ER./Antara-Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. (GMFI) memproyeksikan masih adanya pertumbuhan permintaan untuk proyek redelivery pesawat kepada lessor dari maskapai hingga tahun depan sebesar 20 persen.

Direktur Utama GMF I Wayan Susena menjelaskan proyek redelivery pesawat ini dilakukan apabila perjanjian sewa antara maskapai dan lessor sudah berakhir. Akibat dampak pandemi Covid-19, sejumlah maskapai mempercepat pengembalian pesawat ke lessor untuk menyesuaikan kapasitas dan beban biaya operasional agar armada yang ada dapat terutilisasi secara maksimal.

"Permintaan redelivery yang masuk ke GMF datang baik dari maskapai maupun lessor dari berbagai wilayah antara lain Asia Selatan, Timur Tengah dan Oceania," ujarnya, Senin (30/11/2020).

Wayan menuturkan justru untuk maskapai nasional seperti Garuda Indonesia tidak banyak melakukan redelivery pesawat lantaran masih bisa mengoptimalkan armadanya di rute-rute domestik.

"Pertumbuhan pendapatan sektor bisnis airframe ini diproyeksikan akan meningkat sekitar 20 persen hingga tahun depan. Hal tersebut didukung oleh mulai meningkatnya aktivitas penerbangan dan permintaan akan jasa bisnis tersebut," tekannya.

Wayan melanjutkan sejumlah maskapai kini masih perlu mengencangkan ikat pinggang untuk bertahan di masa pandemi dengan mengefisienkan operational cost, salah satunya melalui optimalisasi jumlah armada aktif agar dapat terutilitasi secara maksimal. Hal ini berdampak pada peningkatan permintaan redelivery pesawat dari maskapai kepada lessor.

Memasuki kuartal IV/2020, GMF telah menerima beberapa permintaan untuk melakukan pengerjaan project redelivery tersebut. Peningkatan project redelivery menjadi salah satu pendorong peningkatan jumlah event pada sektor bisnis airframe maintenance, sehingga mampu tumbuh 13 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Sejauh ini GMFI turut merasakan angin segar dari peningkatan jumlah aktivitas penerbangan di kuartal III/2020 hingga akhir tahun kuartal IV/2020 dengan peningkatan work order pada perawatan yang berbasis flight hours.

Hingga kuartal III/2020 ini, GMF telah mencatatkan pertumbuhan jumlah produksi hingga lebih dari 100 persen pada sektor bisnis engine maintenance dibandingkan kuartal sebelumnya. Pencapaian positif lainnya juga dirasakan oleh sektor bisnis component maintenance yang mencatatkan pertumbuhan event produksi hingga 38 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper