Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FOMC Minutes: The Fed Perbarui Panduan Pembelian Surat Utang

Banyak peserta Pertemuan Federal Reserve 4-5 November lalu menilai bahwa Komite The Fed mungkin ingin memperbarui panduannya untuk pembelian aset dengan segera.
Gedung bank central Amerika Serikat atau The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat, Selasa (17/3/2020). Bloomberg/Andrew Harrer
Gedung bank central Amerika Serikat atau The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat, Selasa (17/3/2020). Bloomberg/Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA – Risalah Pertemuan Federal Reserve 4-5 November lalu mengungkapkan bahwa pembuat kebijakan memberikan lebih banyak panduan mengenai strategi pembelian obligasi dalam waktu dekat, namun belum ada kebutuhan untuk melakukan penyesuaian segera.

"Banyak peserta menilai bahwa Komite The Fed mungkin ingin memperbarui panduannya untuk pembelian aset dengan segera," menurut risalah rapat (FOMC Minutes) yang diterbitkan Rabu (25/11/2020) oleh The Fed, seperti dikutip Bloomberg.

Selain itu, sebagian besar peserta menilai bahwa panduan untuk pembelian aset harus menyiratkan bahwa peningkatan kepemilikan surat berharga akan berkurang dan habis sebelum The Fed mulai menaikkan kisaran target suku bunga acuan.

Selain kebangkitan pandemi, berkurangnya peluang dari paket stimulus fiskal besar tambahan telah membebani prospek ekonomi dan meningkatkan ekspektasi bahwa Fed akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk mendukung perekonomian.

“Langkah Departemen Keuangan untuk membatasi pinjaman mereka pada akhir tahun merupakan perhatian khusus. Departemen Keuangan dapat menarik dukungan ketika ekonomi sangat membutuhkannya dan The Fed harus mengisi kekosongan tersebut,” kata kepala ekonom Grant Thornton, Diane Swonk.

"Mereka harus khawatir tentang dampak susulan akibat Covid-19, seperti pada kebangkrutan, gagal bayar, dan stabilitas pasar keuangan secara keseluruhan." Lanjutnya.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin pada 19 November mengumumkan bahwa dia akan mengizinkan lima fasilitas pinjaman darurat bank sentral berakhir pada akhir tahun dan meminta agar dana yang mendukung program dikembalikan ke Departemen Keuangan.

Sementara itu, The Fed mengeluarkan pernyataan bahwa mereka lebih suka program tetap ada karena peran backstop yang mereka mainkan sebelum Gubernur Jerome Powell mengalah pada hari berikutnya, setuju untuk mengembalikan uang itu. Argumen serupa muncul dalam risalah rapat.

Peran Penting

Beberapa pejabat pada pertemuan tersebut menekankan peran penting program pinjaman dalam memulihkan kepercayaan pasar keuangan dan mendukung stabilitas keuangan. Mereka mencatat bahwa fasilitas tersebut masih berfungsi sebagai penyangga penting di pasar keuangan.

Bank sentral AS sebelumnya memangkas suku bunga acuan menjadi hampir nol pada bulan Maret di awal pandemi virus corona dan meningkatkan program pembelian obligasi untuk memompa likuiditas ke dalam sistem keuangan dan membatasi suku bunga jangka panjang.

Para pejabat telah memberi isyarat bahwa mereka mungkin akan mempertahankan suku bunga mendekati nol hingga akhir tahun 2023.

The Fed saat ini membeli obligasi Treasury AS dan surat berharga berbasis hipotek senilai total US$120 miliar per bulan, dengan pembelian tersebar merata di seluruh tenor.

Namun catatan pertemuan 4-5 November tidak memberikan indikasi bahwa para pejabat akan berusaha untuk mengubah parameter program pembelian obligasi pada pertemuan Desember.

"Meskipun peserta menilai bahwa penyesuaian langsung pada kecepatan dan komposisi pembelian aset tidak diperlukan, mereka menyadari bahwa keadaan dapat berubah untuk menjamin penyesuaian tersebut," kata risalah tersebut.

“Karenanya, peserta melihat pertimbangan cermat yang berkelanjutan tentang potensi langkah selanjutnya untuk meningkatkan pedoman Komite pembelian asetnya yang sesuai.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper