Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Pengguna KRL Pagi Ini Turun, Tiga Stasiun Masih Padat

KAI Commuter mencatat adanya penurunan jumlah penumpang KRL Jabodetabek pada pagi ini kendati masih ada kepadatan yang terjadi di tiga stasiun.
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KA Commuter mencatat pengguna KRL pada hari ini hingga pukul 08.00 WIB mencapai 111.885 pengguna, sedikit menurun dibandingkan dengan awal pekan lalu.

VP Corporate Communications KAI Commuter Anne Purba mengatakan setiap awal pekan atau hari Senin selalu tercatat sebagai hari dengan jumlah pengguna KRL yang paling banyak dibanding hari-hari lainnya. Penumpukan penumpang masih terjadi di sejumlah stasiun yang selama ini menjadi titik kepadatan.

Dia juga menyebutkan pada Senin pagi ini, (23/11/2020) di seluruh stasiun dilakukan pengaturan dan penyekatan pengguna KRL yang akan masuk ke area stasiun dan di dalam perjalanan KRL. Pengaturan dan penyekatan antrean ini dilakukan untuk pengaturan jumlah pengguna di dalam KRL yaitu sebanyak 74 orang per kereta pada tiap perjalanannya untuk penerapan jarak aman di dalam KRL.

Hingga pukul 08.00 WIB KAI Commuter mencatat pengguna KRL secara keseluruhan mencapai 111.885 pengguna. Angka tersebut turun 2 persen dari minggu lalu di rentang waktu yang sama, yaitu sebanyak 113.341 pengguna.

"Meski ada penurunan jumlah pengguna KRL hingga pukul 08.00 wib ini, di sejumlah stasiun-stasiun padat seperti Stasiun Cilebut, Stasiun Bojonggede, Stasiun Rangkasbitung, dan Stasiun Tangerang pada Senin ini pengguna KRL mengalami kenaikan," ujarnya, Senin (23/11/2020).

Namun demikian kondisi stasiun-stasiun tersebut terpantau relatif kondusif dengan antrean dan penyekatan yang diatur oleh petugas agar jarak aman diantara para pengguna tetap terjaga.

Menurut data yang dihimpun KAI Commuter hingga pukul 08.00 WIB, kenaikan pengguna di stasiun-stasiun tersebut yaitu Stasiun Cilebut tercatat sebanyak 6.135 pengguna, naik 17 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu. Stasiun Bojonggede sebanyak 8.493 pengguna (naik 11 persen), Stasiun Rangkasbitung sebanyak 2.801 pengguna (naik 7 persen), serta Stasiun Tangerang sebanyak 3.241 pengguna (naik 1 persen).

Dengan mengoperasikan 997 perjalanan KRL dan melayani pengguna mulai pukul 04.00–24.00 WIB setiap harinya, KAI Commuter berharap para pengguna dapat mengatur perjalanannya dengan lebih fleksibel dan memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi oleh para pengguna sesuai marka yang ada serta bepergian di luar jam-jam sibuk, yaitu pukul 07.00-08.00 WIB pada pagi hari dan sekitar pukul 18.00 WIB pada sore hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper