Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raja Salman di KTT G-20: Akses Vaksin Covid-19 Harus Adil dan Merata

Pertemuan KTT G-20 itu digelar secara virtual akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda.
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz./Antara
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Negara-negara anggota G-20 menekankan perlunya ketersediaan akses global yang adil dan merata atas vaksin virus corona untuk mengatasi pandemi.

Hal ini disampaikan oleh Raja Salman bin Abdulaziz dalam pidato pembukaannya di KTT G-20 di Riyadh, Arab Saudi kemarin seperti dikutip ArabNews.com, Minggu (22/11/2020).

“Meskipun kami optimistis dengan kemajuan yang dicapai dalam pengembangan vaksin, alat terapi dan diagnostik untuk Covid-19, tetapi kita harus bekerja sama untuk menciptakan akses yang terjangkau dan setara ke alat-alat ini untuk semua orang,” katanya.

Pertemuan global itu digelar secara virtual akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda. Raja Salman mengatakan bahwa ekonomi negaranya masih menderita karena guncangan pandemi Covid-19.

Akan tetapi pihaknya telah melakukan yang terbaik untuk mengatasi krisis tersebut melalui kerja sama internasional.
Pembahasan KTT didominasi oleh agenda berupa upaya untuk mengatasi pandemi dan resesi global terburuk dalam beberapa dekade.

Apalagi belakangan, terdapat dua perusahaan yang mengumumkan hasil uji tahap tiga atas vaksin virus corona mereka.

Semengara itu, Presiden China Xi Jinping berbicara tentang perlunya membangun firewall global melawan Covid-19. Dia juga meminta negara-negara G-20 untuk membantu mendistribusikan vaksin secara adil dan efisien, menurut kantor berita negara Xinhua.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan krisis kesehatan adalah ujian bagi negara-negara G-20 dan menekankan bahwa tidak akan ada tanggapan yang efektif terhadap pandemi kecuali tanggapan secara global.

Bersama dengan Xi dan Macron, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga berpidato di KTT tersebut. Dia mengatakan perubahan iklim adalah salah satu masalah yang menjadi agenda utama.

Negara-negara G-20 telah mengumpukan pendanaan lebih dari US$21 miliar untuk memerangi pandemi. Pandemi Covid-19 telah menginfeksi 56 juta orang secara global dan menyebabkan 1,3 juta orang meninggal dunia.

Kelompok negara itu juga telah menyuntikkan US$11 triliun untuk melindungi ekonomi dunia yang dilanda virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : ArabNews.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper