Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenperin Dorong Utilisasi AMMDes Saat Pandemi 

Kementerian Perindustrian mendorong pengembangan AMMDes yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini.
Ammdes yang diserahkan memiliki spesifikasi pengangkut hasil kebun petani. /KEMENPERIN
Ammdes yang diserahkan memiliki spesifikasi pengangkut hasil kebun petani. /KEMENPERIN

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan implementasi protokol kesehatan ini dipercaya dapat meningkatkan produktivitas para pekerja karena lingkungannya yang terjaga.

Adapun, implementasi protokol kesehatan yang disoroti adalah penggunaan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di kawasan pedesaan 

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan implementasi protokol kesehatan dapat memacu daya saing perusahaan pada pandemi Covid-19. Menurutnya, pelaku industri dituntut agar bisa lebih efisien dalam proses produksinya.

“Kami bangga terhadap AMMDes selaku karya anak bangsa ini yang memiliki beragam fungsi, hingga mampu membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (16/11/2020). 

Taufiek mengapresiasi PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) yang aktif menjalin kerja sama dengan Kemenperin untuk melakukan penyemprotan cairan desinfektan di sekitar lingkungan perusahaan KMWI dengan.

Adapun kerja sama tersebut mencakup enam lingkungan Rukun Warga (RW) yang meliputi lebih dari 5.500 penduduk di Desa Karang Asam Timur, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Di samping itu, Taufiek mendorong pengembangan AMMDes yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini. Salah satunya, ujar Taufiek, dengan berkontribusi mengantisipasi penyebaran virus korona di dalam negeri.

Taufiek menyatakan saat ini dibutuhkan kegiatan riset terus menerus sehingga bisa menghasilkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau pelaku industri kita.

Pasalnya hasil riset tersebut dapat mendukung terjadinya pemerataan ekonomi, pembangunan di daerah, dan meningkatkan produktivitas masyarakat dan pelaku usaha

Oleh karena itu, Taufiek berharap AMMDes dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan bagi pelaku industri di tanah air dalam menghadapi era adaptasi kebiasaan baru sebagai imbas pandemi.

“AMMDes mampu menjawab persoalan itu karena alat multifungsi ini menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui dengan kendaraan besar,” ujar Taufiek. 

Presiden Direktur KMWI Reiza Treistanto mengatakan pemanfaatan AMMDes penyemprot cairan desinfektan ini sudah dilakukan dua kali. Pasalnya, ujar Reiza, banyak permintaan dari masyarakat juga dan mendapat respons positif dari berbagai pihak. 

Reiza mencatat AMMDes yang digunakan sebagai fasilitas penyemprot cairan desinfektan tersebut adalah pengembangan dari unit water tank, yang dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper