Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTBA Beberkan Keuntungan Proyek Gasifikasi Batu Bara

Tanpa upaya penghiliran batu bara, rasio angka impor LPG bisa naik menjadi 83,55 persen dari total kebutuhan 11,98 juta ton pada 2024.
Angkutan batu bara berbasis rel di Sumatra Selatan./ptba.co.id
Angkutan batu bara berbasis rel di Sumatra Selatan./ptba.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) menyatakan bahwa proyek gasifikasi batu bara dimetil eter bisa memberi sejumlah manfaat dan dampak positif bagi Indonesia.

Program penghiliran tersebut dilakukan sebagai alternatif pengganti LPG yang angka impornya terus membengkak setiap tahun.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, impor LPG pada 2020 telah mencapai 77,63 persen dari total kebutuhan nasional sebanyak 8,81 juta ton. Tanpa upaya penghiliran batu bara, rasio angka impor LPG bisa naik menjadi 83,55 persen dari total kebutuhan 11,98 juta ton pada 2024.

Corporate Secretary PTBA Apollonius Andwie C. menuturkan bahwa PTBA sebagai pelopor pengembangan usaha penghiliran batu bara terus membuktikan dan menjalankan komitmennya menjaga ketahanan energi nasional.

Komitmen PTBA tercermin dari keseriusan pengembangan penghiliran batu bara dengan rencana pembangunan pabrik gasifikasi batu bara menjadi dietil eter (DME) yang berlokasi di Tanjung Enim, Sumatra Selatan.

“PTBA menargetkan kesepakatan bisnis kerja sama pengembangan proyek gasifikasi dapat ditandatangani pada November 2020 bersama dengan PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals, Inc. [AS] sebagai investor,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (11/11/2020).

Persiapan konstruksi proyek batu bara menjadi DME ini akan dimulai pada awal 2021 dan ditargetkan pabrik beroperasi pada triwulan II/2024. Proyek ini juga telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo sebagai bagian dari proyek prioritas sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020.

Sejalan dengan visi Presiden, program pemanfaatan penghiliran dan peningkatan nilai tambah batu bara ini tentunya bisa memberi sejumlah manfaat dan dampak positif bagi Indonesia.

Sejumlah manfaat dan nilai tambah dari proyek hilirisasi batu bara menjadi DME antara lain, akan mendatangkan investasi sebesar US$ 2,1 miliar atau setara dengan Rp32 triliun ke Indonesia sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kemudian akan memanfaatkan cadangan batu bara kalori rendah PTBA yang berpotensi tidak dapat dijual sebanyak 180 juta ton selama 30 tahun

Pabrik gasifikasi batu bara akan mengolah 6 juta ton batu bara per tahun untuk diproses menjadi 1,4 juta ton DME. Produk ini mampu membantu mengurangi impor LPG sebanyak lebih dari 1 juta ton per tahun

“Pengurangan impor LPG tersebut dapat menghemat cadangan devisa negara sebesar Rp8,7 triliun per tahun atau Rp261 triliun selama 30 tahun,” kata Appolonius.

Selain itu, kata Appolonius, penghiliran batu bara tentunya juga memiliki efek berganda atau efek berkesinambungan bagi Indonesia.

Sejumlah efek berganda yang ditimbulkan, antara lain berupa manfaat langsung yang diperoleh pemerintah senilai Rp800 miliar per tahun atau Rp24 triliun selama 30 tahun, penghematan neraca perdagangan sebesar kurang lebih Rp5,5 triliun per tahun atau senilai Rp165 triliun selama 30 tahun, serta pemberdayaan industri nasional dengan melibatkan tenaga lokal dan penyerapan jumlah tenaga kerja sebanyak 10.570 orang saat tahap konstruksi dan 7.976 orang selama masa operasi.

Appolonius mengatakan bahwa kajian pengembangan industri ini telah dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan konsultan teknis, finansial dan legal berstandardisasi internasional, serta melibatkan juga kementerian dan lembaga terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper