Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Perusahaan Krakatau Steel Ekspor Pipa Baja ke Australia

Krakatau Steel melalui anak usahanya PT KHI Pipe Industries (PT KHI) melakukan ekspor produk pipa baja ke Australia.
Kegiatan Ekspor Pipa Baja Krakatau Steel ke Australia. /Istimewa
Kegiatan Ekspor Pipa Baja Krakatau Steel ke Australia. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. melalui anak usahanya di bidang pabrikasi pipa baja dan jasa aplikasi pelapisan antikorosi, PT KHI Pipe Industries (PT KHI) melakukan ekspor produk pipa baja ke Australia. Pada tahap pertama, volume pengapalan sebanyak 1.880 ton dari total komitmen pengiriman 4.370 ton.

Direktur Utama PT KHI Pipe Industries (PT KHI) Utomo Nugroho mengatakan pihaknya menyuplai pipa baja berdiameter 1.500 mm, tebal 25 mm, dan panjang 50 m untuk konstruksi dermaga di HMAS Coonawarra yang merupakan sebuah pangkalan Angkatan Laut Australia di Kota Darwin, Northern Territory.

Bahan baku utama produk pipa baja dengan spesifikasi BS EN 10219 S355JO ini menggunakan hot rolled coil (HRC) milik Krakatau Steel.  

“Di tengah banyaknya industri yang kesulitan bertahan akibat terimbas pandemi Covid-19, KHI dapat menunjukkan performa yang baik, salah satunya dengan ekspor perdana milik McConnell Dowell Constructors (Aust) Pty Ltd,” kata Utomo dalam keterangan tertulis, Selasa (10/11/2020).

Dia mengklaim produksi pipa baja untuk ekspor ini menjadi keberhasilan tersendiri karena spesifikasi yang disyaratkan memiliki tingkat kesulitan tinggi, baik dari segi pengujian, dimensi, dan ketebalan pada batas maksimum kapasitas mesin PT KHI dan PT KS.

Selain itu, adanya serangkaian tahapan pengujian yang dilakukan oleh pihak ketiga juga menjadi tantangan tersendiri bagi PT KHI. 

“Proses produksi pipa dengan spesifikasi yang disyaratkan oleh customer cukup sulit,  tetapi dengan kerja sama dan komunikasi tim yang baik, serta dukungan dari Krakatau Steel sebagai induk perusahaan, pengiriman dapat dilakukan tepat waktu dengan tetap mengutamakan kualitas produk,” ujar Utomo.

KHI Pipe Industries memiliki spesialisasi dalam pembuatan pipa baja sejak 1972 sebagai anak perusahaan PT Krakatau Steel. Berlokasi di Kawasan Industri Krakatau Cilegon, kompleks industri baja terbesar di kawasan Banten, membuat perusahaan ini memiliki akses mudah dari darat dan lepas pantai.

PT KHI terletak 100 km barat Jakarta dan di sebelah pelabuhan Cigading (dimiliki dan dioperasikan oleh Krakatau Steel Group) - pelabuhan terdalam di pulau itu, yang berfungsi sebagai pintu gerbang Indonesia ke industri internasional dan menawarkan solusi jaringan pipa lengkap untuk kebutuhan logistik regional. dengan produk dan layanan.

Lebih dari 40 tahun memproduksi pipa, PT KHI dengan sertifikasi API 5L telah mengumpulkan pengalaman luas dari proyek-proyek domestik dan internasional. Ini menunjukkan kehadiran yang kuat dalam pengetahuan operasional dan sumber daya manusia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper