Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebanyak Ini Jalan Tol yang Dikelola Jasa Marga (JSMR)

Total investasi yang dikeluarkan Jasa Marga untuk menggarap 20 ruas tol baru tersebut mencapai Rp152,7 triliun.
Gerbang tol Jagorawi/Istimewa^Jasa Marga
Gerbang tol Jagorawi/Istimewa^Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk. hingga saat ini memegang 33 konsesi jalan tol di Tanah Air. Perinciannya 13 konsesi merupakan ruas tol lama, 20 konsesi adalah ruas tol baru, dan 2 ruas tol masih dalam tahap pembangunan.

Direktur Keuangan Jasa Marga (JSMR) Donny Arsal menjelaskan bahwa 13 ruas tol yang ada dan sudah mempunyai arus keuangan stabil akan mendukung operasional 20 ruas tol baru dalam bentuk subsidi dan mendukung pembiayaan alternatifnya.

"Tiga belas ruas tol existing ini memiliki panjang 512 kilometer, sedangkan 20 ruas tol baru panjangnya 1.015 kilometer. Untuk yang beroperasi kini sudah sepanjang 1.191 kilometer," ujarnya dalam webinar CFO Roundtable Virtual Meeting Finance Insight yang digelar Bisnis Indonesia, Kamis (5/11/2020).

Donny menyebutkan bahwa total investasi yang dikeluarkan perseroan untuk menggarap 20 ruas tol baru tersebut mencapai Rp152,7 triliun.

Secara rinci, 33 ruas tol konsesi Jasa Marga saat ini berada di Jabodetabek dan Jawa Barat sebanyak 8 ruas yang sudah ada dan 3 ruas baru. Kemudian di Pulau Jawa ada sebanyak 5 ruas existing dan 10 ruas baru.

Di Jawa ini tersisa 2 ruas tol yang masih dalam tahap pembangunan yaitu tol Jakarta—Cikampek selatan, serta Probolinggo—Banyuwangi.

Selanjutnya, ruas tol baru di pulau lain di Indonesia yakni 2 ruas di Sumatra, kemudian masing-masing 1 ruas di Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Bila dilihat dari panjang jalan tol yang beroperasi, dalam 5 tahun terakhir panjang tol yang dikuasai Jasa Marga mengalami peningkatan di atas 100 persen.

"Pada 2015 lalu kami mengoperasikan 590 km jalan tol dan kini sampai kuartal 3 2020 sudah mencapai 1.191 km," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper