Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Bangun Kereta Cepat Thailand, Jakarta-Bandung Kalah Panjang

Thailand ingin mewujudkan rencana menjadi pusat transportasi logistik di kawasan Asia Tenggara.
Ilustrasi-Kereta cepat China/Reuters-Jason Lee
Ilustrasi-Kereta cepat China/Reuters-Jason Lee

Bisnis.com, FUZHOU - China memperkuat penetrasinya dalam proyek pembangunan kereta api cepat di Asean.

Selain menjalankan proyek di Indonesia, China akan segera membangun jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Thailand.

Jaringan kereta cepat di Thailand ini memiliki rute yang lebih panjang daripada proyek sejenis di Indonesia yakni  jalur Jakarta-Bandung.

Penandatanganan kerja sama antara pihak China dan Thailand telah dilakukan pekan lalu.

Media China, Senin (2/11/2020), mengutip pernyataan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha bahwa proyek tersebut membantu peningkatan infrastruktur di negaranya sebagai langkah strategis menaikkan daya saing global.

Dia merasa yakin proyek tersebut juga akan membantu Thailand mewujudkan pusat transportasi logistik di kawasan Asia Tenggara sehingga akan banyak memberikan kesempatan meningkatnya investasi asing, pariwisata, dan perdagangan.

Naskah kontrak yang melibatkan tiga pihak, yakni State Railway of Thailand, China Railway International Co, dan China Railway Design Corporation itu mencakup pembangunan sistem perkeretaapian, kelistrikan, persinyalan dan komunikasi, pembelian rangkaian kereta api cepat, pelatihan personel, pengoperasian, pemeliharaan, dan transfer teknologi.

Ketiga pihak akan membangun jaringan kereta api cepat di jalur utama wilayah timurlaut Thailand yang menghubungkan Bangkok dengan Nakhon Ratchasima sepanjang 253 kilometer.

Jaringan kereta api cepat Bangkok-Nakhon Ratchasima tersebut lebih panjang daripada proyek yang dibangun China di jalur Jakarta-Bandung sepanjang 142,3 kilometer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper